Mengapa harus menggunakan ARKAS?

Satuan pendidikan harus menggunakan ARKAS agar:

1. Dapat mengelola keuangan satuan pendidikan secara lebih baik lagi, mulai dari proses perencanaan, penatausahaan dan pelaporan dana BOS

2. Berbagai pihak yang terlibat dalam pengelolaan keuangan satuan pendidikan mampu berkoordinasi dengan baik dalam sistem informasi ARKAS

3. Memiliki laporan yang sesuai dengan format yang telah diamanatkan dalam regulasi pemerintah

Apa saja syarat menggunakan ARKAS 4?

Syarat menggunakan ARKAS 4 adalah:

1. Menggunakan jenis prosesor berbasis Windows minimal Windows 10, dengan kapasitas memori (RAM) minimal 2GB, kapasitas Hard Drive minimal 1 GB dan resolusi layar minimal 1366 x 768

2. Membutuhkan koneksi internet dalam beberapa tahap penggunaan ARKAS dan pengaturan zona waktu pada perangkat yang digunakan sesuai dengan jam lokal

3. Satuan pendidikan yang tergabung dalam Tim BOS (kepala satuan pendidikan, bendahara sekolah dan komite sekolah)

4. Memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang terdaftar dalam Dapodik

5. Mendapatkan kode aktivasi ARKAS dari dinas pendidikan setempat

Apa saja sumber dana yang bisa dikelola menggunakan ARKAS 4?

Saat ini ARKAS 4 dapat mengelola sumber dana yang berasal dari BOS Reguler, BOS Kinerja, SiLPA BOS Kinerja, BOS Daerah dan Sumber Dana Lainnya.

Siapa saja yang bisa menggunakan ARKAS 4?

Mulai 7 Agustus 2023, ARKAS 4 dapat digunakan oleh seluruh satuan pendidikan dasar dan menengah, baik negeri maupun swasta di seluruh wilayah Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Sekolah yang menerima dana BOS Reguler meskipun di daerah terpencil tetap dapat menggunakan ARKAS, namun tidak untuk Sekolah Indonesia yang berada di luar negeri. 

Pada website tersedia 2 versi aplikasi, yaitu ARKAS 3 dan ARKAS 4. Mana yang sebaiknya diunduh oleh satuan pendidikan?

Satuan pendidikan direkomendasikan untuk mengunduh ARKAS versi terbaru, yakni ARKAS 4 karena versi aplikasi ini telah dilengkapi dengan beberapa pembaruan dan penyempurnaan.

Bagaimana cara melihat arsitektur sistem operasi perangkat komputer (32/64 bit) yang saya gunakan?

Anda dapat melihat sistem operasi perangkat komputer yang digunakan dengan cara:

1. Klik logo Windows (yang ada pada perangkat Anda atau tekan tombol Windows pada keyboard) 

2. Pilih Pengaturan (Settings

3. Pilih Sistem (System)

4. Pilih Tentang (About)

5. Lihat tipe sistem perangkat Anda apakah 32-bit atau 64-bit pada bagian Device Specifications dan cek System type

6. Lihat versi Windows yang terinstall pada perangkat Anda pada bagian Windows Specification

Dimana bisa mendapatkan installer ARKAS 4?

Satuan pendidikan dapat mengunduh installer ARKAS 4 dengan mengakses website utama ARKAS dan klik Menu Unduhan atau secara langsung mengunjungi tautan https://s.id/unduhARKAS4 

Apa saja pembaruan pada ARKAS 4?

Berikut beberapa pembaruan dalam ARKAS 4:

1. Sistem penganggaran dan penatausahaan sesuai dengan Juknis BOS Reguler 2023.

2. Pengambilan sisa dana anggaran otomatis yang bisa digunakan secara fleksibel.

3. Perhitungan pajak otomatis yang menyesuaikan dengan jenis pembelanjaan secara detail.

4. Fitur lapor pajak sesuai ketentuan yang berlaku.

5. Penyesuaian alur dan desain untuk proses pencatatan yang lebih efektif dan akurat.

6. Integrasi ARKAS dengan SIPLah untuk pengisian pembelanjaan secara otomatis.

Saya pengguna ARKAS versi 3, bagaimana cara memperbarui ARKAS ke versi 4?

Sebelum memperbarui ARKAS ke versi 4, pastikan untuk: 

1. Melakukan sinkron data pada ARKAS 3 terlebih dulu dengan klik Tombol Sinkron

2. Tutup ARKAS 3 

Selanjutnya, silakan perbarui ARKAS ke versi 4 dengan cara: 

1. Unduh installer ARKAS 4 sesuai dengan arsitektur sistem operasi windows 32 atau 64 bit pada tautan https://s.id/unduhARKAS4    

2. Klik dua kali pada installer ARKAS 4 yang telah berhasil diunduh

2. Klik 'Yes'

4. Klik 'I accept the agreement' lalu klik 'Next'

5. Klik 'Next' 

6. Klik 'Finish'

Setelah proses intalasi ARKAS 4 berhasil, muncul informasi bahwa akan dilakukan konversi ke ARKAS 4 jika Anda sudah memiliki ARKAS versi 3 pada laptop yang digunakan, klik Next

Saya pengguna ARKAS 4 peserta Rilis Terbatas, bagaimana cara memperbarui ARKAS 4 ke versi terbaru?

Bagi Anda peserta Rilis Terbatas dan telah menggunakan ARKAS 4 sejak Bulan Juni 2023 silam, mohon uninstall ARKAS 4 yang ada di perangkat Anda, dan unduh kembali installer ARKAS 4 yang sesuai dengan arsitektur sistem operasi windows pada perangkat Anda melalui tautan https://s.id/unduhARKAS4  . Hal ini berguna untuk memutakhirkan sistem keamanan ARKAS 4 yang akan Anda gunakan sesuai arsitektur sistem operasi windows perangkat.

Bagaimana cara melihat versi ARKAS yang sedang digunakan?

Untuk melihat detail informasi versi ARKAS yang sedang digunakan, awali dengan membuka ARKAS pada perangkat Anda. Selanjutnya, Anda dapat melakukan 2 langkah ini:

1. Lihat pada bagian pojok kiri atas aplikasi, maka Anda akan melihat versi aplikasi dengan tulisan sebagai berikut ARKAS 4.0.4

2. Lihat versi aplikasi dengan klik tombol Perbarui Aplikasi, maka Anda akan melihat versi ARKAS yang sedang digunakan dan versi terbaru ARKAS yang tersedia

Apakah seluruh data saya di ARKAS 3 akan hilang setelah saya memperbarui aplikasi ke versi 4?

Data Anda tidak akan hilang dan akan muncul pada ARKAS 4. Pastikan untuk melakukan proses sinkronisasi pada ARKAS 3 terlebih dulu agar seluruh data Anda pada ARKAS 3 tersimpan ke MARKAS dan tutup ARKAS 3 saat mulai proses Konversi Data ke ARKAS 4. Pastikan juga untuk tetap menggunakan perangkat yang sama dan telah terinstal ARKAS 3 sebelumnya, karena jika Anda memakai laptop yang berbeda, pada saat proses login Anda akan mendapatkan pesan error "NPSN sudah terpakai di Perangkat lain".

Saya menggunakan NPSN sekolah yang sesuai, tapi masih mendapat tulisan NPSN dipakai di perangkat lain pada ARKAS 4. Bagaimana solusinya?

Silakan menghubungi dinas pendidikan untuk mereset data sekolah dan daftarkan ulang akun pada perangkat yang baru. ARKAS dengan akun satuan pendidikan pada perangkat sebelumnya tidak akan dapat dioperasikan kembali setelah reset data dilakukan.

Saya perlu dokumen pelaporan dalam bentuk Ms. Excel tapi mengapa format yang tersedia hanya dalam bentuk PDF?

Saat ini semua jenis cetak laporan hanya ada dalam format PDF. Jika format laporan yang diinginkan belum sesuai dengan ketentuan terbaru atau tidak tersedia, laporan dapat dibuat secara manual menggunakan Microsoft Excel atau Word.

Saya sudah memasukkan Kode Aktivasi yang diberikan oleh Dinas, namun tertera bahwa Kode Aktivasi yang dimasukkan salah. Bagaimana solusinya?

Apabila Kode Aktivasi yang Anda terima dari dinas pendidikan terdeteksi salah sehingga membuat Anda belum dapat mengakses ARKAS, Anda dapat berkoordinasi kembali dengan Dinas untuk mengajukan pergantian Kode Aktivasi pada MARKAS. Selanjutnya, silakan masukan Kode Aktivasi terbaru yang diberikan oleh dinas.

Mengapa dokumen RKAS/BKU tidak ditemukan setelah berpindah ke ARKAS 4?

Hal ini terjadi karena aplikasi ARKAS 3 pada perangkat yang sama masih terbuka ketika mulai mengoperasikan ARKAS 4 ditengah proses konversi yang sedang berlangsung. Mohon lakukan langkah berikut:

1. Klik tombol Sinkron pada ARKAS 3 untuk memastikan data Anda tersimpan di dalam MARKAS

2. Tutup ARKAS 3 yang sedang Anda operasikan

3. Unduh installer ARKAS 4 

4. Lanjutkan proses instalasi ARKAS 4 pada perangkat Anda

5. Setelah ARKAS 4 terbuka masukkan Kode Aktivasi 

6. Klik "Mulai Konversi"

Saya tidak dapat melihat tulisan pada ARKAS 4 dengan baik karena font terlalu kecil, bagaimana solusinya?

Jika font pada ARKAS 4 terlalu kecil, Anda dapat melakukan penyesuaian pada tampilannya dengan cara:

1. Tekan tombol Ctrl , Shift dan (+) yang ada pada keyboard secara bersamaan, untuk memperbesar tampilan ARKAS 4 

2. Tekan tombol Ctrl dan (-) yang ada pada keyboard secara bersamaan, untuk memperkecil tampilan ARKAS 4

3. Tekan tombol Ctrl dan angka 0 yang ada pada keyboard secara bersamaan, untuk mengembalikan tampilan ARKAS 4 ke ukuran normal

Saya tidak bisa tutup BKU karena pada saat memasukkan pajak bunga/biaya administrasi tertulis keterangan pajak bunga/biaya administrasi tidak boleh melebihi bunga bank/jasa giro, bagaimana solusinya?

Hal tersebut dapat terjadi karena Pajak Bunga/Biaya Administrasi tidak boleh melebihi nominal Bunga Bank/Jasa Giro. Untuk dapat melanjutkan proses pengisian BKU, silakan masukkan nominal pada Bunga Bank/Jasa Giro lebih tinggi dari nominal Pajak Bunga/Biaya Administrasi atau nominal keduanya sama. Mohon pastikan nominal yang dimasukkan sudah sesuai.

Berapa email yang dapat didaftarkan dalam 1 NPSN yang sama?

Saat ini tidak ada batasan jumlah email yang terdaftar dalam 1 NPSN yang sama. Namun, perlu diingat bahwa hanya satu email yang dapat login dalam satu waktu.

 

Sebelumnya
Selanjutnya
10003134775577

Komentar

7 komentar

  • MAHMUD PRATOWO

    Terima kasih Bapak/Ibu secara lengkap telah membuat artikel terkait ARKAS 4.
    Semoga Satuan Pendidikan dapat memahami informasi yang diberikan ini

    0
  • Totoatoillah26

    saya mau bertanya, kenapa di arkas versi 4.2.3, di penatausahaan sya sudah belanja siplah, ternyata pajak di Buku pajak tidak sama dengan di invoice, dan menu aksi nya tidak bisa di klik

     

    0
  • Miftah Yuliza

    Saya mahasiswa semester 7 di UIN Mahmud Yunus Batusangkar, saya ingin membuat judul skripsi terkait keunggulan sekolah yaitu tentang aplikasi ARKAS di suatu sekolah.

    Mungkin baik sistem ARKAS maupun yang membaca ini bisa memberikan saran kepada saya terkait hal apa yang unik biasanya?

    Atau apakah ARKAS ini belum banyak sekolah yang memakainya? dan berarti sebelum diciptakannya ARKAS? sekolah membuat hal dengan tujuan sejenis dimana?

    Maaf bila ada salah kata, masih perlu banyak belajar

    0
  • Pagirikant

    setiap kali untuk melihat pembelanjaan di menu aksi slalu blak.!
    itu bagaimana? tidak bisa melihatnya dan harus di tutup dulu aplikasinya.?

    0
  • kurniawan 109

    Solusi dipenganggaran di ARKAS 2024 jika terjadi pengurangan dana Tahap I BOSP 2024 akibat telat laporan?

    terimakasih

    0
  • ika widyawati

    Izin bertanya admin, menu cetak tidak berfungsi pada arkas 4.0 mohon solusinya

    0
  • indra ariani

    izin bertanya admin mengenai pergeseran arkas, saya ingin melakukan pergeseran namun muncul tanda bahwa kuota pergeseran habis dan tidak bisa melakukan pergeseran

    0

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk