PENTING!
Berdasarkan Surat Edaran nomor 11764/C/PR.04.01/2023, sejak tanggal 1 Desember 2023 fitur ini sudah tidak bisa digunakan dikarenakan adanya penutupan ARKAS 3.
Apabila muncul tulisan sync data Error, tidak terhubung dengan server atau tidak terkoneksi dengan database saat menggunakan ARKAS, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:
1. Pastikan bahwa Anda telah menggunakan perangkat komputer dengan sistem operasi minimal Windows 8 atau yang lebih baru. Jika masih menggunakan Windows 7, maka segera perbarui OS Anda ke Windows 8 atau yang lebih tinggi.
Untuk melihat sistem operasi perangkat Anda, klik tombol Settings atau Pengaturan, lalu pilih menu PC Info.
2. Proses sinkron ini memerlukan jaringan internet dan tidak bisa dilakukan luring. Pastikan koneksi internet Anda dalam keadaan stabil.
3. Perbarui ARKAS Anda ke ARKAS versi 3.4 terbaru dengan 2 cara berikut;
- Apabila koneksi internet Anda stabil, silakan buka atau klik dua kali ARKAS yang sudah terpasang/terinstal pada perangkat Anda. Selanjutnya, sistem akan memperbarui aplikasi Anda secara otomatis.

a) Lalu, isi username dan password
b) klik Login
- Apabila aplikasi tidak otomatis ter-update saat Anda membukanya, menandakan koneksi internet Anda kurang stabil. Lakukan unduh ulang ARKAS pada link https://rkas.kemdikbud.go.id/download ini dan instal kembali ARKAS tanpa perlu uninstall versi sebelumnya.
Selamat! Kini Anda telah menggunakan ARKAS versi 3.4 terbaru dan silakan coba sinkronisasi penganggaran Anda kembali.
Tanya-Jawab
Tidak, seluruh data satuan pendidikan hingga RKAS yang telah disahkan tidak akan hilang dan masih tersimpan di dalam database.
Anda tetap membutuhkan jaringan internet saat: login, melakukan pengajuan pengesahan kertas kerja, dan sinkronisasi data. Sedangkan untuk proses lainnya seperti pembuatan kertas kerja, dan pencatatan BKU, Anda tetap bisa mengoperasikan ARKAS meskipun tanpa jaringan internet.
Komentar
4 comments
mohon bantuannya cara mengatasi dana masuk Tahap 1 tidak sesuai, jadi minus di BKUnya
ganti data base nya jika punya buckup
Saya tidak bisa sinkron, stagnan dibagian Check Kode Registrasi,
Saya juga tidak bisa mengajukan pengesahan, karena muncul tulisan "databse disk image is malformed",
mohon petunjuk bagaimana solusinya, sudah saya ulang-ulang masih belum bisa, pagi, siang, sore, subuh dicoba lagi masih seperti itu. Mohon bantuannya, Semoga ada solusi dari permasalahan saya tersebut.
mohon bantuan, database malformed. Jika tidak ada database yg terbaru bagaiman?
Please sign in to leave a comment.