Saat ini sudah tersedia kode rekening untuk menunjang kegiatan satuan pendidikan dalam Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), yaitu Belanja Paket/Pengiriman. Perbarui ARKAS ke versi 3.4, untuk dapat menggunakan kode rekening ini.

Biaya-biaya atribusi yang termasuk ke dalam kode rekening belanja paket/pengiriman, yaitu: biaya ongkos kirim.

Belanja_Paket_atau_Pengiriman.png

Simak tahapan berikut untuk menambahkan biaya atribusi berupa biaya ongkos kirim yang dibebankan kepada satuan pendidikan atas PBJ.

1. Pilih Kegiatan yang terkena biaya ongkos kirim. Pada gambar dicontohkan pembelian Pengadaan Alat Pembelajaran.

klik_2x_pada_kegiatan.png

2. Catat deskripsi belanja barang dalam kode rekening "Belanja Alat/Bahan Kegiatan Kantor" pada kegiatan "Pengadaan Alat Pembelajaran." Pada gambar dicontohkan Kertas HVS A4 Sinar Dunia 500 Lembar.

catat_deskripsi_kode_rekening.png

3. Selanjutnya, klik dua kali pada kolom Kegiatan. Maka akan muncul tampilan kode rekening “Belanja Alat/Kegiatan untuk Bahan Kantor,” lalu klik Tambah Baru.

klik_tambah_baru.png

4. Lalu, akan muncul form input/edit  rincian kertas kerja. 

a) Isi kolom Kegiatan dengan Kegiatan yang sama, yaitu Pengadaan Alat Pembelajaran.

b) Isi Kode Rekening dengan “Belanja Paket/Pengiriman” 

c) Tulis uraian kegiatan yang sama dengan uraian pada kode rekening “Belanja Alat/Bahan Kegiatan Kantor” dengan menambahkan tulisan “Ongkos Kirim.

Contoh: Pada uraian kegiatan “Kertas HVS A4 Sinar Dunia 500 lembar,” maka uraiannya menjadi “Ongkos Kirim Kertas HVS A4 Sinar Dunia 500 lembar.”

d) Masukkan harga satuan biaya ongkos kirim

e) Pilih Satuan Item 

f) Tentukan volume/jumlah di masing-masing bulan pengadaan

g) Klik OK

Isi_kertas_kerja_berdasarkan_kode_rekening_ongkir_2.png

5. Berhasil! Kode Rekening Belanja Paket/Pengiriman akan terletak di bawah Kode Rekening Belanja Alat/Bahan Kegiatan Kantor (karena berada dalam 1 kegiatan yang sama).

kode_rekening_ongkir_berhasil.png

 

Pada saat pembuatan kertas kerja, Anda perlu menambahkan kode rekening belanja jasa pelaksanaan transaksi keuangan, terkait biaya yang timbul atas setiap pengadaan barang dan jasa secara daring/online. 

Biaya-biaya yang termasuk ke dalam kode rekening ini, yaitu: biaya transfer antar bank, platform fee, kode unik, biaya kliring, dan lain-lain.

Mask_group.png

Simak tahapan berikut untuk menambahkan biaya atribusi berupa biaya transfer antar bank yang dibebankan kepada satuan pendidikan atas PBJ daring. 


1. Pilih Kegiatan yang terkena biaya transfer antar bank. Pada gambar dicontohkan pembelian Pengadaan Alat Pembelajaran.

klik_2x_pada_kegiatan.png

2. Catat deskripsi belanja barang dalam kode rekening "Belanja Alat/Bahan Kegiatan Kantor" pada kegiatan "Pengadaan Alat Pembelajaran". Pada gambar dicontohkan Kertas HVS A4 Sinar Dunia 500 lembar.

catat_deskripsi_kode_rekening.png

3. Selanjutnya, klik dua kali pada kolom Kegiatan. Maka akan muncul tampilan kode rekening “Belanja Alat/Kegiatan untuk Bahan Kantor,” lalu klik Tambah Baru. 

klik_tambah_baru.png

4. Lalu, akan muncul form input/edit rincian kertas kerja. 

a) Isi kolom Kegiatan dengan Kegiatan yang sama, yaitu Pengadaan Alat Pembelajaran.

b) Isi Kode Rekening dengan “Belanja Jasa Transaksi Keuangan.

c) Tulis uraian kegiatan yang sama dengan uraian pada kode rekening “Belanja Alat/Bahan Kegiatan Kantor” dengan menambahkan tulisan “Biaya Transfer Antar Bank.

Contoh: Pada uraian kegiatan “Kertas HVS A4 Sinar Dunia 500 lembar,” maka uraiannya menjadi “Biaya Transfer Antar Bank Pembelian Kertas HVS A4 Sinar Dunia 500 lembar.”

d) Masukkan harga satuan biaya transfer antar bank.

e) Pilih Satuan Item. 

f) Tentukan volume/jumlah di masing-masing bulan transaksi.

g) Klik OK.

Kode_rekening_belanja_jasa_transaksi_keuangan.png

 

Berhasil! Kode Rekening Belanja Jasa Pelaksanaan Transaksi Keuangan akan terletak di bawah Kode Rekening Belanja Alat/Bahan Kegiatan Kantor (karena berada dalam 1 kegiatan yang sama)

belanja_jasa_pelaksanaan_transaksi_keuangan_berhasil.png

Sebelumnya
Selanjutnya
7056964798105

Komentar

1 comment

Please sign in to leave a comment.

Apakah Artikel ini membantu?
Powered by Zendesk