Tanya jawab seputar panduan membelanjakan anggaran satuan pendidikan.

 

Apa saja tahapan yang perlu diketahui satuan pendidikan agar dapat berbelanja sesuai dengan ketentuan?

1. Ketentuan pembelanjaan dapat Anda pelajari melalui dokumen Permendikbud nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa oleh Satuan Pendidikan dengan klik link di sini.

2. Apabila Anda berbelanja barang di mitra SIPLah, berikut adalah ketentuan berbelanja secara umum di mitra SIPLah. Penjelasan lebih lanjut, dapat Anda lihat pada menu FAQ di website masing-masing mitra.

  • Silakan tuliskan barang yang satuan pendidikan cari pada kolom Cari/Search di laman utama mitra SIPLah atau klik Penjual dan cari daftar barang yang terdapat di Penyedia secara langsung.
  • Pilih barang yang Anda inginkan, pastikan stok barang yang Anda inginkan masih tersedia. Stok barang dapat Anda lihat pada halaman detail barang.
  • Anda juga dapat mengetahui informasi detail, feedback, dan ulasan barang pada halaman detail barang.
  • Jika Anda sudah yakin dengan barang yang ingin di beli, Anda dapat klik tombol Tambah ke Keranjang, dan barang akan masuk ke dalam Keranjang.
  • Anda dapat menghubungi penyedia melalui fitur Pesan untuk dapat berdiskusi dan memastikan ketersediaan stok barang yang pembeli inginkan dengan klik Kirim Pesan.
  • Anda dapat melakukan Negosiasi harga barang dengan penyedia. 
  • Untuk nominal transaksi 50 juta rupiah ke atas, dapat menggunakan fitur Perbandingan Barang. Jika tidak menemukan barang pembanding, Anda bisa melakukan nego terlebih dahulu.
  • Satuan pendidikan dapat membandingkan barang jika dibutuhkan. Jika harga sudah disepakati, lanjutkan proses pembelian pesanan Anda. 
  • Isi data pembelian seperti alamat pengiriman, NPWP (opsional), sumber pendanaan, dan pilihan kurir. Jika data sudah lengkap satuan pendidikan dalam klik Pesan Sekarang untuk melihat Purchase Order dari transaksi yang akan dibuat.
  • Jika Purchase Order dari satuan pendidikan sudah di submit maka transaksi dibuat dan statusnya Belum Dikonfirmasi dan akan diterima oleh penyedia untuk mengkonfirmasi pesanan.
  • Tunggu penyedia memproses dan akan mengirimkan pesanan Anda. Saat pesanan Anda sudah sampai, jangan lupa melakukan pengecekan terhadap barang dan klik Konfirmasi Pesanan.
  • Setelah satuan pendidikan menerima pesanan, maka status pesanan akan menjadi diterima dan satuan pendidikan akan membuat Berita Acara Serah Terima (BAST) dengan klik Buat BAST.
  • Satuan pendidikan akan diarahkan ke halaman BAST serta dapat mengisi kuantitas barang yang diterima pada pesanan Anda. Jika BAST yang akan diterbitkan sudah sesuai, satuan pendidikan dapat klik Terbitkan BAST.
  • Bayar pesanan sesuai dengan nominal yang tertera dan ikuti petunjuk pembayaran. Nominal yang tertera belum termasuk biaya administrasi perbankan yang harus dibayarkan satuan pendidikan, apabila membayar dengan transfer bank.
  • Jika menggunakan transfer bank, pastikan untuk Upload Bukti Bayar Anda. 
  • Pembayaran akan diverifikasi oleh Mitra SIPLah.
  • Proses transaksi Anda selesai.
Bagaimana jika terjadi perbedaan nominal saat penganggaran dan realisasi?

Perbedaan nominal saat penganggaran dan realisasi terjadi apabila belanja melebihi nominal yang dianggarkan atau kurang dari yang telah dianggarkan. 

  • Pertama, apabila satuan pendidikan ingin berbelanja barang & jasa melebihi dari nominal yang dianggarkan, nominal tersebut tidak akan bisa Anda masukkan.
Penting! Jika barang & jasa melebihi nominal saat perencanaan, satuan pendidikan dapat melakukan pergeseran RKAS kapan saja, dan atau perubahan RKAS setelah Bulan Agustus. 
  • Kedua, apabila barang & jasa yang dibelanjakan lebih murah atau kurang dari nominal yang telah dianggarkan, satuan pendidikan dapat menyesuaikan pencatatan realisasi tersebut pada saat pengisian BKU atau SPJ BKU
Bagaimana tahapan penyesuaian nominal pada kertas kerja?

Anda dapat menyesuaikan nominal kertas kerja pada Fitur Pergeseran dan Perubahan kertas kerja. Penjelasan tahap-tahap penggunaan Fitur Pergeseran dan Perubahan pada kertas kerja dapat Anda pelajari dengan klik link pada artikel tersebut. Satuan pendidikan boleh memiliki perbedaan nominal dengan yang dianggarkan. Perlu diperhatikan, barang & jasa yang dibelanjakan harus lebih kecil nominalnya daripada yang dianggarkan.

  1. Apabila kertas kerja telah direalisasikan dan masuk ke dalam Buku Kas Umum (BKU), satuan pendidikan hanya dapat mengubah dan memperbarui jumlah per kegiatan saja.
  2. Untuk kegiatan yang belum direalisasikan atau belum ada BKU, Anda dapat mengubah, memperbarui atau menghapus jumlah, harga atau kegiatan yang dianggarkan 
Bagaimana jika nominal pada kertas kerja tidak sesuai dengan Kepmendikbudristek?

Jika nominal pada kertas kerja tidak sesuai, maka silakan berkoordinasi dengan dinas pendidikan setempat untuk dicek pada MARKAS.

Sebelumnya
Selanjutnya
4855824695833

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Apakah Artikel ini membantu?
Powered by Zendesk