PENTING!
Berdasarkan Surat Edaran nomor 11764/C/PR.04.01/2023, sejak tanggal 1 Desember 2023 fitur ini sudah tidak bisa digunakan dikarenakan adanya penutupan ARKAS 3.
Menutup BKU
Anda dapat menutup BKU setiap akhir bulan. Adapun kegiatan yang belum atau tidak terealisasi pada bulan BKU yang telah di tutup, maka kegiatannya akan masuk ke BKU bulan selanjutnya.
Berikut langkah untuk menutup BKU, perhatikan urutan nomor pada gambar di bawah ini:
- Masuk ke menu Penatausahaan,
- Pilih Aktivasi BKU,
- Tentukan Sumber Dana,
- Setelah sumber dana dipilih, pengguna dapat klik tombol bulan BKU yang diinginkan atau yang aktif (berwarna),
- Pilih OK pada tampilan konfirmasi untuk menutup bulan BKU yang aktif.
Penting! Ketika menutup BKU diharapkan agar perangkat terkoneksi dengan internet, sehingga data pada server dapat diperbaharui.
6. Setelah menekan tombol OK, ARKAS akan menampilkan pemberitahuan Tutup BKU. Pada form Tutup BKU terdapat kolom Bunga Bank/Jasa Giro serta Pajak Bunga/Administrasi Bank. Untuk memastikan jumlah nominalnya benar, Anda dapat merujuk ke rekening koran satuan pendidikan.
Jika menerima bunga bank, Anda dapat mengisi nominal sesuai bunga bank yang diterima. Apabila tidak menerimanya, silakan abaikan atau tetap menulis 0.
Selanjutnya, Anda dapat klik tombol OK untuk melanjutkan Aktivasi BKU bulan selanjutnya.
7. Tunggu beberapa saat sampai proses sinkron tutup BKU selesai. Apabila proses tutup BKU berhasil, maka akan muncul notifikasi Sync Data Berhasil, dan pada laman fitur Penatausahaan akan muncul tombol aktif/berwarna untuk BKU bulan berikutnya.

Selamat!
Anda telah menyelesaikan tahap pembuatan buku kas umum.
Pengajuan Hapus BKU
Jika terdapat kesalahan pencatatan realisasi BKU pada bulan yang telah lampau, maka satuan pendidikan dapat mengajukan hapus BKU.
Pastikan ARKAS yang Anda gunakan sudah tersambung dengan server. Simak langkah Pengajuan Hapus BKU sebagai berikut;
1. Masuk ke menu Penatausahaan,
2. Pilih Aktivasi BKU,
3. Tentukan Sumber Dana,
4. Tekan tombol Pengajuan Hapus BKU, kemudian sistem akan menampilkan form Dialog Hapus BKU.

5. Pada form Dialog Hapus BKU, tentukan bulan BKU yang akan Anda ajukan penghapusan dengan cara ceklis pada kolom yang ada di setiap bulan BKU. Anda perlu menyertakan keterangan atau alasan pengajuan penghapusan BKU pada kolom Alasan penghapusan. Lalu klik OK.

6. Anda dapat menghubungi dinas pendidikan setempat untuk mengkonfirmasi perihal pengajuan penghapusan BKU.
7. Selanjutnya, tekan tombol Cek Status. Pastikan ARKAS pada perangkat Anda terhubung dengan server.

Berhasil!
Maka akan muncul info Sync Data Berhasil pada layar bawah sebelah kanan, Anda. Kotak Bulan Januari kembali menyala yang menandakan penghapusan BKU Januari telah disetujui.

Tanya-Jawab
Apabila Anda ingin menghapus atau memperbaiki BKU Bulan tertentu contoh BKU Bulan Mei, silakan ajukan hapus BKU dari Bulan Mei s/d Desember. Selanjutnya, harap untuk segera melakukan pengisian BKU kembali mulai Bulan Mei hingga Bulan Desember.
Komentar
6 comments
Halo Bapak Hilmi Sri Amra terima kasih atas pertanyaan yang diberikan.
Pertanyaan Bapak telah dijawab melalui email yang Bapak daftarkan,
Apabila Bapak ingin tetap terhububung dengan tim agen kami, silakan hubungi kami melalui link berikut : https://pusatinformasi.rkas.kemdikbud.go.id/hc/en-us/requests/new
Salam Hormat,
Tim ARKAS
Halo Bapak Nanang Suprapmanto terima kasih atas pertanyaan yang diberikan.
Pertanyaan Bapak telah dijawab melalui email yang Bapak daftarkan,
Apabila Bapak ingin tetap terhububung dengan tim agen kami, silakan hubungi kami melalui link berikut : https://pusatinformasi.rkas.kemdikbud.go.id/hc/en-us/requests/new
Salam Hormat,
Tim ARKAS
Sekolah Gagal Sinkron saat Menutup BKU. Tampilan (notif) yang muncul: (1) Ada Permasalahan pada hubungan server, apakah akan dilanjutkan tanpa kirim BKU?, (2) Error Final Psot BKU.

Selamat siang Bapak/Ibu SD Negeri 5 Mekarsari
mohon maaf atas kendala yang Bapak/Ibu alami.
untuk memastikan penyelesaian kendala tersebut, kami sudah mengirimkan tiket melalui nomor #915207,
mohon menunggu balasan dan solusi atas pertanyaan Bapak/Ibu melalui email yang telah didaftarkan maksimal 2x24 jam (hari kerja).
Salam hormat,
Tim ARKAS
Selamat sore, ijin bertanya.
Di Sistem Infomasi Bos Salur (https://bos.kemdikbud.go.id/sekolah/laporan) untuk sekolah kami saldonya tidak sesuai dengan yang sudah diinput di BKU. Ada selisih di kegiatan belanja Materai pada bulan Maret 2023 seperti dibawah ini. Namun, saldo BKU sama dengan saldo rekening koran.
Apakah NaN ini penyebab tidak terbacanya data di BKU pada BOS Salur? Mohon solusinya
Terima kasih
Apakah menutup BKU bulan berjalan harus di tanggal 30/31? Dan bagaimana jika sudah terlanjur tutup BKU sebelum tanggal 30 di tiap bulannya?
Please sign in to leave a comment.