Pada ARKAS terdapat fitur Penatausahaan, di mana fitur ini berguna untuk mencatat realisasi pembelanjaan melalui Buku Kas Umum (BKU). Satuan pendidikan perlu mengawali dengan aktivasi BKU secara rutin di setiap awal bulan berjalan. Satuan pendidikan perlu untuk klik tombol Penerimaan Transfer melalui tombol yang tersedia. Dalam aplikasi tersebut akan tertera jumlah saldo yang diterima, namun satuan pendidikan tetap dapat mengubahnya jika nominal yang tertera tidak sesuai dengan penerimaan dana sebenarnya.

 

Selanjutnya, satuan pendidikan perlu mencatat realisasi anggaran yang diterima setelah melakukan transaksi pembelanjaan pada menu BKU. Pada setiap akhir bulan berjalan, maka satuan pendidikan perlu menutup BKU yang telah diaktivasi.

 

Sebagai upaya pengarsipan & pelaporan, silakan mencetak dokumen laporan penatausahaan secara rutin sesuai dengan kebutuhan, seperti: 

  1. Buku Kas Umum (BKU), Buku Kas Pembantu Tunai, Buku Kas Pembantu Bank dan Buku Pembantu Pajak
  2. Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM), laporan realisasi penggunaan dan belanja Dana BOS per semester, dan rekapitulasi pembelian barang modal dan barang habis pakai, serta
  3. Rekapitulasi pembelanjaan setiap tahapan, pada Buku Kas Umum (BKU), Buku Kas Pembantu Tunai, Buku Kas Pembantu Bank dan Buku Pembantu Pajak

Selanjutnya, mari simak langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui cara mengaktifkan BKU.

 

Aktivasi BKU

1. Pillih menu Penatausahaan 

2. Klik tombol Aktivasi BKU

3. Pilih Sumber Dana,

4. Pilih Bulan dengan BKU yang akan diaktivasi (Ketika satuan pendidikan baru akan mengaktivasi BKU, maka kotak bulan yang aktif atau menyala hanya Bulan Januari)

Aktivasi_BKU_Januari_ARKAS_3.4_1.png

5. Setelah klik tombol Januari atau sesuai dengan BKU bulan berjalan yang akan diaktivasi, klik tombol Ya pada form 'Aktivasi Bulan'.

Aktivasi_BKU_Januari_ARKAS_3.4.png

6. Maka BKU pada Bulan Januari akan tampak berwarna dan dapat diklik, yang menandakan BKU Bulan Januari sudah aktif.

BKU_Januari_ARKAS_3.4_sudah_aktif.png

 

7. Lakukan tahap ini saat Anda ingin mengaktivasi BKU pada bulan berikutnya.

 

Penerimaan Transfer

Setelah BKU sudah aktif, langkah selanjutnya untuk mengisi menu BKU adalah klik tombol Penerimaan Transfer sesuai dengan penerimaan dalam rekening BOS satuan pendidikan.

 

1. Pilih tombol Penerimaan Transfer.

2. Kemudian aplikasi akan menampilkan form Tanggal Transaksi. Pada langkah ini Anda harus menentukan beberapa hal yang terdapat pada form Tanggal Transaksi seperti:

a) Tanggal Transaksi merupakan tanggal penerimaan transfer dana BOS yang berdasarkan rekening koran atau rekening tabungan.

b) Tahap merupakan periode penyaluran dana BOS kepada satuan pendidikan.

c) Jumlah Transfer diisi dengan nominal atau jumlah penerimaan dana BOS yang masuk ke rekening satuan pendidikan sesuai periode tahapan penerimaan dana BOS.

d) Lalu klik tombol OK. 

penerimaan_transfer_tanggal_transaksi.jpg

 

3. Selesai! Anda dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu mengisi BKU.

Sebelumnya
Selanjutnya
4830855577113

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Apakah Artikel ini membantu?
Powered by Zendesk