Buku Kas Umum digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang dilakukan dalam penggunaan anggaran BOS, baik pencatatan keuangan dari satuan pendidikan, dari bank atau pun perpajakannya. Data tersebut akan menjadi acuan dalam pelaporan.

 

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan input pada BKU:

  1. Pilih menu Penatausahaan 
  2. Klik tombol Buku Kas Umum
  3. Tentukan Sumber Dana
  4. Jika Anda hendak mencatatkan transaksi tunai, lakukan penarikan dana dari bank terlebih dahulu dengan klik tombol Tarik Bank sehingga saldo Tunai terisi
  5. Klik tombol SPJ untuk transaksi tunai 
  6. Klik SPJ Non Tunai untuk jenis transaksi non tunai
  7. Tombol Delete digunakan untuk menghapus salah satu item belanja

 

Perhatikan urutan nomor pada gambar dibawah ini:

 

BKU_home__2_.png

 

Menarik Saldo Bank untuk Tarik Tunai


1. Klik tombol Tarik Bank kemudian tentukan Jenis Penarikan. Pilih Tarik Tunai pada daftar, kemudian lanjutkan dengan memilih Tanggal Transaksi sesuai dengan tanggal Anda menarik tunai dari Bank. Lalu, isi manual Jumlah/nilai uang yang ditarik dari bank.

Tarik_tunai_1.png

Catatan: Pada aplikasi terlihat saldo Bank senilai Rp21.560.000,- saldo Tunai Rp400.000,- Total Rp21.960.000,-. Perhatikan nominal pada kolom Bank dan Tunai, untuk menandakan pencatatan Tarik Tunai Anda berhasil.

2. Pada saat memilih tombol OK pada form Input Bank, sistem akan mengingatkan Anda terhadap kemungkinan saldo tidak seimbang (unbalance). Anda dapat melanjutkan proses dengan memilih tombol Yes.

Warning_input_bank.jpg

 

3. Sebagai contoh, apabila satuan pendidikan melakukan penarikan dana di bank sejumlah Rp21.560.000 maka saldo tunai berubah menjadi Rp21.960.000. Nominal di kolom bank tersisa Rp0, yang menandakan Anda telah mencatat Tarik Tunai atas seluruh dana yang ada pada rekening bank. Kemudian Anda dapat melihat pencatatan transaksi pada tabel Buku Kas Umum.

Tarik_tunai_2.png

4. Anda dapat melihat detail transaksi bank pada Tab menu Buku Pembantu Bank. Seperti pada contoh gambar di bawah ini

Buku_pembantu_bank.png

Catatan! Apabila dalam realisasi anggaran terdapat jenis transaksi Non Tunai, maka saldo bank tidak boleh habis atau Rp0.

 

Menu SPJ untuk Mencatat Nota Belanja Pembayaran Tunai


Langkah ini dilakukan apabila satuan pendidikan perlu memasukkan data realisasi belanja barang atau jasa, berdasarkan nota belanja atau invoice pembayaran yang dilakukan secara tunai. Pada gambar dicontohkan jenis belanja jasa.

 

1. Klik menu SPJ. Pastikan terdapat saldo tunai (lihat kolom Tunai). Jika saldo Tunai masih Rp0, maka Anda perlu melakukan penarikan saldo Bank menjadi saldo Tunai pada tahap sebelumnya.

- No Bukti ini merupakan nomor urut pencatatan realisasi. Anda tidak perlu menginput manual di kolom ini, karena kolom akan terisi secara otomatis.

a) Klik lingkaran, untuk memilih apakah pembelanjaan dilakukan melalui SIPLah atau Non SIPLah

b) Pilih Tanggal Transaksi, kapan Anda melakukan input realisasi ke ARKAS. Anda dapat melihat jumlah Saldo Tunai yang Anda punya.

c) Pilih Rekening yang ingin direalisasikan. Anda dapat melihat daftar Kode Rekening, Neraca, Sisa Anggaran dan Volume Sisa. Isi yang tertera pada tabel, merupakan kegiatan yang telah satuan pendidikan rencanakan sebelumnya (berdasarkan bulan yang Anda tentukan ketika menyusun kertas kerja).

d) Pilih Kegiatan yang ingiin direalisasikan

e) Isi Volume dengan jumlah banyaknya item yang dibelanjakan dan telah dicatat ke dalam SPJ

f) Harga Satuan:Merupakan harga maksimal atas barang atau jasa yang dianggarkan. Harga bisa disesuaikan dengan harga ril saat transaksi. 

g) Jumlah Belanja. Merupakan total biaya yang dikeluarkan atas transaksi tersebut. 

h) Anda dapat memberikan ceklis pada kolom checkbox Menggunakan Pajak, untuk belanja yang dikenakan pajak. Abaikan Menggunakan Pajak jika item belanja terbebas dari pajak. 

 

SPJ_1.png

2. Setelah memilih Kegiatan, Anda akan melihat gambar di bawah ini:

Isi_SPJ.png
  • Nama Toko: Masukkan nama toko atau badan usaha.

 

Penting! Apabila Anda berbelanja melalui UMKM atau usaha perseorangan, silakan masukkan nama usaha atau nama penjual barang/jasa tersebut.

  • NPWP: Masukkan NPWP jika toko memiliki NPWP.
  • Nomor Nota: Masukkan nomor nota yang terdapat pada nota pembelian atau kwitansi pembelian
  • Nomor Telepon: Masukkan nomor telepon toko/penyedia.
  • Nomor Handphone: Masukkan nomor HP toko/penyedia.
  • Tanggal Nota: Masukkan tanggal riil pembelian barang berdasarkan nota pembelian atau kwitansi pembayaran.
  • Centang item yang dibelanjakan
  • Catat Volume item yang telah dibelanjakan
  • Tulis harga satuan atas item yang telah dibelanjakan
  • Lalu klik OK. Maka akan muncul tampilan seperti pada layar di bawah ini.
SPJ_2.png

i) Punya NPWP. Jika penyedia memiliki NPWP, Anda dapat memberikan tanda ceklis pada keterangan Punya NPWP. Abaikan jika penyedia tidak memiliki NPWP.

j) klik OK

Berhasil! Pencatatan SPJ di BKU ARKAS berhasil dan dapat terlihat di Menu Buku Kas Tunai seperti pada gambar di bawah ini.

 

SPJ_3.png

 

Menu SPJ Non Tunai untuk Mencatat Nota Belanja Pembayaran Non Tunai


Tahap ini dipilih apabila satuan pendidikan melakukan pembayaran melalui bank/transfer, yang tercatat riwayat transaksinya pada rekening koran.

Pastikan Anda memiliki saldo di rekening bank yang terlihat pada kolom Bank untuk dapat mengakses menu dan mencatat SPJ Non Tunai.

SPJ_Non_Tunai_1.png


Adapun langkah memasukkan atau mencatat SPJ Non Tunai sama dengan tahapan memasukkan SPJ yang sebelumnya. Perbedaan tampilan SPJ Non Tunai, ada pada form Input SPJ yang akan memuat jumlah Saldo Bank. Artinya, seluruh transaksi yang dimasukkan pada SPJ Non Tunai akan dibayarkan oleh satuan pendidikan melalui sistem transfer antar bank (cashless), tanpa harus tarik tunai. Selanjutnya klik OK.


SPJ_Non_Tunai_2.png

 

Berhasil! Pencatatan SPJ Non Tunai di BKU ARKAS berhasil dan dapat terlihat di Menu Buku Kas Umum seperti pada gambar di bawah ini.

SPJ_Non_Tunai_3.png

 

 

Tanya Jawab

Saya sudah mengisi BKU ARKAS namun datanya tidak muncul di BOS Salur. Bagaimana solusinya?

Hal ini terjadi karena perangkat yang Anda gunakan tidak terhubung dengan internet. Segera sambungkan perangkat ke dalam jaringan internet dan klik tombol Sinkron agar data Anda terkirim ke MARKAS dan BOS Salur.

 

Sebelumnya
Selanjutnya
4490508438937

Komentar

8 comments

  • OPS Sendal Jepit

    Pada BKU baik BKU Silpa atau Reguler mengapa Setor Tunai tidak menambah Saldo Bank yang sebelumnya tapi hanya tampil saat dicetak, akibatnya kita tidak bisa melakukan Tarik Tunai sesuai dgn Saldo Bank yang seharusnya? Apakah ini bugs aplikasi?

    0
  • Devita Eka Fitriani

    Bagaimana jika pada kertas kerja sudah menganggarkan belanja, tapi tidak muncul di BKU. Contoh bulan September menganggarkan belanja makanan dan minuman tapi pada saat input BKU bulan september tidak muncul jenis belanja makanan dan minuman?

    0
  • Mustofa Kamal

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Yth Admin ARKAS BOS

    Saya mau usul tentang pembukuan di aplikasi ARKAS…
    Kendala yang banyak OPS alami ialah sulitnya untuk mengedit Rincian BKU ARKAS yang sudah final…
    yang tertera ialah hanya pengajuan Hapus BKU… sehingga data yang sudah di Input Hilang semua dan harus kembali ke awal entri… yang membuat lambatnya pelaporan disekolah…

    Usulan saya… tolong di tambahkan menu Edit BKU yang sudah final… tanpa harus hapus BKU yang sudah ter-entri sesudahnya sehingga tidak ada kesalahan pada akhir laporan ARKAS…

    Terimakasih …

    0
  • Nurohmannur Nur

    mohon solusi 🙏🙏🙏, ketika input transaksi kedalam Buku Kas Umum terindikasi memecah nota, kemudian klik OK dan di gabung, keluar indikasi saldo tunai tidak cukup, karena transakai pertama pembayaran via transfer sedangkan transaksi kedua via tunai,,, saldo tunai tidak mencukupi untuk membayar kedua transaksi kalau di gabung,,,,

    0
  • kuni (Admin)

    Halo Pak Mustofa Kamal, terima kasih atas saran yang diberikan terkait platform ARKAS. 
    Kami akan terus berupaya mengembangkan platform ARKAS agar lebih baik kedepannya. 

    Apabila Bapak ingin tetap terhububung dengan tim agen kami, silakan hubungi kami melalui link berikut : https://pusatinformasi.rkas.kemdikbud.go.id/hc/en-us/requests/new

    Salam Hormat,
    Tim ARKAS

    0
  • kuni (Admin)

    Halo Bapak OPS Sendal Jepit, Ibu Devita Eka Fitriani dan Bapak Nurohmannur Nur terima kasih atas pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. 
    Pertanyaan Bapak dan Ibu telah dijawab melalui email yang didaftarkan, 

    Apabila Bapak dan Ibu ingin tetap terhububung dengan tim agen kami, silakan hubungi kami melalui link berikut : https://pusatinformasi.rkas.kemdikbud.go.id/hc/en-us/requests/new

    Salam Hormat,
    Tim ARKAS

    0
  • Morens

    bagaimana mengatasi kerta kerja yg sdh di sahkan bulan berjalan oktober tahap 3 transfer yg masuk tdk sesuai dengan kertas kerja solusinya bagaimana terima kasih......

    0
  • Roby kory
    Mengenai kendala Arkas bapak/ibu dapat menghubungi CS Arkas di link berikut : https://pusatinformasi.rkas.kemdikbud.go.id/hc/en-us/requests/new
     
    Salam Hormat, 
    Tim Arkas
    0

Please sign in to leave a comment.

Apakah Artikel ini membantu?
Powered by Zendesk