Tentang ARKAS

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS), merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional satuan pendidikan (BOSP) di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Pada tanggal 7 Agustus 2023  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi merilis secara nasional Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) versi 4. ARKAS versi 4 merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yaitu ARKAS versi 3 dengan tiga pilar kemudahan yaitu lebih praktis, lebih nyaman, dan lebih aman. Selain itu, mulai 13 November 2023, penerima dana bantuan operasional pendidikan (BOP) yaitu PAUD dan Kesetaraan dapat mulai menggunakan ARKAS untuk pengelolaan dana BOP. 

Melalui ARKAS, satuan pendidikan terkoneksi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota  dan Provinsi setempat dalam proses perencanaan kegiatan sekolah, rekapitulasi data, serta pertanggungjawaban pengelolaan anggaran pada setiap satuan pendidikan.

 

Untuk informasi selengkapnya tentang MARKAS, silakan cek di sini.

 

Tujuan ARKAS 

Melalui ARKAS, diharapkan semua pengelolaan dana BOSP pada satuan pendidikan akan lebih transparan, akuntabel, dan berkesinambungan. ARKAS juga memberi kemudahan administratif, utamanya terkait rekapitulasi keuangan satuan pendidikan sehingga satuan pendidikan akan lebih mudah dalam mengelola manajemen keuangan demi meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

 

Manfaat ARKAS

Bagi satuan pendidikan, beragam manfaat yang dapat dirasakan setelah menggunakan ARKAS antara lain:

  1. Membuat perencanaan dan penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan dana BOSP secara lebih efisien.
  2. Mengubah dan menggeser perencanaan dan penganggaran dana BOSP secara lebih mudah.
  3. Melaporkan hasil realisasi belanja dari perencanaan dan penganggaran dana BOSP secara lebih mudah.
  4. Mempercepat proses pelaporan penggunaan dana BOSP secara efisien dan efektif.
  5. Sudah terintegrasi dengan Dapodik, dan akan terintegrasi dengan aplikasi yang ada di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi seperti Rapor Pendidikan dan SIPLah. ARKAS juga terintegrasi dengan SIPD yang dimiliki oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Manajemen ARKAS (MARKAS)
  6. Memastikan pelaporan yang dibuat sesuai dengan pengatura

Informasi dan manfaat penting lain terkait ARKAS, dapat Anda simak pada YouTube Sobat ARKAS dan instagram @aplikasi.rkas

Pengguna ARKAS 

ARKAS ditujukan agar pengelolaan dana BOSP pada satuan pendidikan semakin efektif, efisien, akuntabel dan transparan, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Pihak yang dapat menggunakan/memiliki akun ARKAS, yaitu:

  1. Satuan pendidikan yang menerima dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) yaitu  SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PAUD, dan Kesetaraan.
  2. Pengguna ARKAS di satuan pendidikan adalah kepala satuan pendidikan/kepala sekolah, bendahara sekolah & komite sekolah yang tergabung dalam Tim BOSP. 

Catatan: Untuk PAUD dan Kesetaraan pengguna ARKAS hanya kepala satuan pendidikan/kepala sekolah & bendahara sekolah. 

Perbedaan Pengguna ARKAS BOS dan BOP 

Mulai tanggal 13 November 2023, penerima dana BOP yaitu PAUD dan Kesetaraan telah dapat menggunakan ARKAS versi 4 untuk pengelolaan dana BOP.  Secara umum, tidak ada perbedaan dalam alur pengelolaan dana pada ARKAS 4 bagi pengguna BOS dan BOP. Namun, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pengguna BOS dan BOP: 

Pengguna BOS Pengguna BOP
Merupakan penerima dana BOS yaitu dana yang diberikan oleh pemerintah untuk mendukung pendidikan di jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Merupakan penerima dana BOP yaitu dana yang diberikan oleh pemerintah untuk mendukung pendidikan di jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan Kesetaraan (PKBM, SPS).
Sebelumnya merupakan pengguna ARKAS 3  Sebelumnya merupakan pengguna BOP Salur 
Perlu meng-install ARKAS 4 pada perangkat yang sama dengan yang digunakan saat menggunakan ARKAS 3  Bisa langsung meng-instal ARKAS 4 pada perangkat yang sesuai dengan persyaratan sistem ARKAS
Perlu melakukan sinkronisasi data pada ARKAS 3 sebelum menggunakan ARKAS 4 Tidak perlu melakukan sinkronisasi data karena merupakan pengguna baru ARKAS 4

Persyaratan Sistem ARKAS

Demi kenyamanan Anda saat mengunduh, memasang, dan menggunakan ARKAS, pastikan perangkat yang Anda gunakan memenuhi syarat penggunaan sebagai berikut: 

Pengguna ARKAS 3:

Jenis Prosesor Prosesor yang mendukung sistem operasi Windows
Sistem Operasi Minimal Windows 8 atau yang lebih baru
Memori (RAM) Minimal 2 GB atau lebih tinggi
Ruang Hard Drive 200 MB (yang dibutuhkan)
Resolusi Layar 1024 x 768 atau lebih tinggi
Persyaratan Tambahan Koneksi internet

Penggun ARKAS 4:

Jenis Prosesor Prosesor yang mendukung sistem operasi Windows
Sistem Operasi Windows 10 atau yang lebih baru
Memori (RAM) Minimal 2 GB atau lebih tinggi
Ruang Hard Drive I GB
Resolusi Layar 1366 x 768 atau lebih tinggi
Persyaratan Tambahan Koneksi internet, pastikan pengaturan zona waktu sesuai dengan jam lokal

Dasar Hukum ARKAS

  1. Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)
  2. Permendikbudristek No. 63 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan
  3. Permendagri No. 3 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan pada Pemerintah Daerah
  4. Kepmendikbudristek 27/PP/2022 tentang Satuan Biaya Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Reguler, Bantuan Operasional Sekolah Reguler, dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Masing-Masing Daerah
  5. Surat Edaran Bersama Mendagri Nomor 907-6479-SJ dan Mendikbudristek Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pengintegrasian Sistem Informasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Seko

Catatan:

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang ARKAS 4 di sini dan video tutorial penggunaan ARKAS 4 dapat diakses di sini

Anda juga dapat mengunduh aplikasi ARKAS 4 beserta buku panduannya di sini.

Sebelumnya
Selanjutnya
4472192351897

Komentar

4 comments

  • Yuventinascmm

    Terimakasih infonya

    0
  • kuni (Admin)

    Selamat malam Bapak/Ibu Yuventinascmm

    terima kasih kembali, semoga Bapak/Ibu senantiasa sehat, sukses sehingga mudah dalam menggunakan ARKAS untuk satuan pendidikan Bapak/Ibu. 

    Salam hangat,
    Tim ARKAS

    0
  • MAHMUD PRATOWO

    Terima Kasih atas informasi dan Paparannya Min.
    Semoga menjadikan tata kelola yang lebih baik dimulai dari unsur Satuan Pendidikan di NKRI.

    0
  • kuni (Admin)

    Terima kasih Bapak MAHMUD PRATOWO atas komentar yang diberikan
    Terkait dengan apresiasi yang disampaikan Bapak kami turut senang apabila informasi yang kami sampaikan dapat membantu.  

    Untuk pertanyaan lainnya seputar ARKAS, silakan menghubungi pusat bantuan ARKAS dengan klik tautan berikut ini https://bit.ly/HubungiBantuanARKAS  


    Salam Hangat,
    Tim ARKAS

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk