Pada ARKAS 4, proses backup dan restore database secara manual sudah tidak diperbolehkan lagi karena akan menyebabkan perbedaan data BKU yang tercatat di ARKAS dan MARKAS. Jika satuan pendidikan pernah melakukan proses backup dan restore database secara manual, maka satuan pendidikan wajib melakukan perbaikan data.

Terdapat 6 kendala teknis yang disebabkan karena proses backup dan restore database secara manual. Jika satuan pendidikan Anda mengalami kendala berikut, baca dengan seksama artikel berikut dan ikuti langkah-langkah penyelesaian sesuai dengan kendala yang dialami:

Catatan!

Perhatikan kondisi pelaporan BKU untuk menyesuaikan langkah penyelesaian kendala yang perlu dilakukan.

Penting!

Jika Anda terdampak 6 Isu BKU 2023 penyaluran tahap 2 di bawah ini maka akan mengakibatkan perhitungan SiLPA 2023 tidak tepat. Hal ini akan menimbulkan potensi berkurangnya jumlah penyaluran BOSP tahap 2 tahun 2024 Anda.

 

Kendala Definisi

Kondisi Pelaporan BKU

Langkah Penyelesaian Kendala

ISU 1

Inkonsistensi BKU

Isu teknis dimana data BKU di ARKAS 4 tidak sama dengan yang tersimpan di MARKAS.

Data BKU di ARKAS 4 tidak sama dengan yang tersimpan di MARKAS.

Segera menghubungi pusat bantuan ARKAS melalui tautan https://bit.ly/HubungiBantuanARKAS  

 

Baca artikel berikut: https://bit.ly/PerbaikanDatabaseARKAS 

ISU 2


Nominal SiLPA Sebelum TA 2022  Belum Tercatat

Merupakan isu teknis dimana carryover SiLPA 2022 tidak dapat dicatat di ARKAS sehingga menyebabkan selisih pada realisasi Pelaporan 2023 Satdik.

Kondisi 1: Belum melakukan tutup BKU pada bulan Desember dan BKU belum dikonfirmasi oleh Dinas

  1. Buka ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan 
  2. Klik Perbarui Data BKU 2023 pada sumber dana BOSP Reguler tahun 2023 
  3. Klik Perbarui Data 
  4. Lakukan pemetaan dan pencatatan ulang saldo SiLPA tunai dan SiLPA Non Tunai berupa penjumlahan BOSP Reguler carryover dan SiLPA BOSP Reguler 2023 pada kotak yang tersedia 
  5. Satdik bisa melanjutkan kegiatan BKU 2023 


Klik di sini untuk informasi lebih lengkap https://bit.ly/CatatSiLPATA2022

Kondisi 2: Sudah tutup BKU pada bulan Desember dan BKU belum dikonfirmasi Dinas

1. Buka ARKAS 4 dan klik menu Penatausahaan 

2. Pada sumber dana BOSP Reguler TA 2023, klik Hapus BKU bulan Desember 2023 agar fitur perbarui data BKU bisa digunakan

3. Setelah hapus BKU disetujui dinas, satdik kembali ke ARKAS 4 dan klik menu Penatausahaan

4. Klik Perbarui Data BKU 2023 pada sumber dana BOSP Reguler tahun 2023 

5. Klik Perbarui Data 

6. Lakukan pemetaan dan pencatatan ulang saldo SiLPa tunai dan SiLPA Non Tunai berupa penjumlahan SiLPA BOSP Reguler carryover dan SiLPA Reguler 2023 pada kotak yang tersedia

7. Satdik bisa melanjutkan kegiatan BKU 2023


Klik di sini untuk informasi lebih lengkap : https://bit.ly/CatatSiLPATA2022

Kondisi 3: Sudah tutup BKU pada bulan Desember dan BKU sudah dikonfirmasi Dinas

Penting!

Jika status BKU Anda telah dikonfirmasi oleh dinas pada MARKAS, maka Anda harus mengembalikan status “telah dikonfirmasi” menjadi“belum dikonfirmasi” oleh dinas secara sistem agar dapat melakukan pembaruan data.

Berkoordinasi dengan dinas terkait kendala yang dialami dan meminta dinas untuk:

  • Melakukan permohonan pembatalan yang wajib dilakukan oleh Dinas pada Pusat bantuan ARKAS dengan klik di sini 
  • Melampirkan alasan pembatalan konfirmasi dinas dan tangkapan layar (screenshot) kendala pada MARKAS secara penuh. 

Setelah status dikembalikan menjadi “belum dikonfirmasi ”oleh dinas, satdik melakukan hal di bawah ini: 

  1. Buka ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan 
  2. Pada sumber Dana BOSP reguler TA 2023, klik Hapus BKU bulan Desember 2023 agar fitur perbarui data BKU bisa digunakan.
  3. Setelah hapus BKU disetujui oleh dinas, satdik kembali ke ARKAS 4 dan klik menu Penatausahaan
  4. Klik Perbarui Data BKU 2023 pada sumber dana BOSP reguler tahun 2023
  5. Klik Perbarui Dta 
  6. Lakukan pemetaan dan pencatatan ulang saldo SiLPa tunai dan SiLPA Non Tunai berupa penjumlahan SiLPA BOSP Reguler carryover dan SiLPA Reguler 2023 pada kotak yang tersedia
  7. Satdik bisa melanjutkan kegiatan BKU 2023

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap https://bit.ly/CatatSiLPATA2022


 


ISU 3

Nominal Salur Tidak Sesuai

Merupakan isu teknis dimana pencatatan SiLPA di ARKAS 4 Satdik terjadi double atau kurang sehingga menyebabkan angka tidak sesuai dengan realisasi riil

Kondisi 1: Belum tutup BKU pada bulan Desember dan BKU belum dikonfirmasi Dinas

1. Buka ARKAS 4 dan klik menu Penatausahaan 

2. Klik Perbarui Data BKU 2023 pada sumber dana BOSP Reguler tahun 2023 

3. Klik Perbarui Data 

4. Lakukan instruksi yang tampil jika memang nominal salur sudah sesuai 

5. Satdik bisa melanjutkan kegiatan BKU 2023

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap: https://bit.ly/CatatSelisihRealisasiSiLPA

Kondisi 2: Sudah tutup BKU pada bulan Desember dan BKU belum dikonfirmasi Dinas

1. Buka ARKAS 4 dan klik menu Penatausahaan 

2. Pada sumber dana BOSP Reguler TA 2023, klik Hapus BKU bulan Desember 2023 agar fitur perbarui data BKU bisa digunakan

3. Setelah hapus BKU disetujui dinas, satdik kembali ke ARKAS 4 dan klik menu Penatausahaan

4. Klik Perbarui Data BKU 2023 pada sumber dana BOSP Reguler tahun 2023 

5. Klik Perbarui Data 

6. Lakukan Instruksi yang tampil jika memang nominal salur sudah sesuai 

7. Satdik bisa melanjutkan kegiatan BKU 2023 dan jika sudah selesai satdik dapat menutup BKUnya hingga Desember 

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap: https://bit.ly/CatatSelisihRealisasiSiLPA  

Kondisi 3: Sudah tutup BKU pada bulan Desember dan BKU sudah dikonfirmasi Dinas

Penting!

Jika status BKU Anda telah dikonfirmasi oleh dinas pada MARKAS, maka Anda harus mengembalikan status “telah dikonfirmasi” menjadi “belum dikonfirmasi” oleh dinas secara sistem agar dapat melakukan pembaruan data.

Berkoordinasi dengan dinas terkait kendala yang dialami dan meminta dinas untuk :

  • Melakukan permohonan pembatalan yang wajib dilakukan oleh Dinas pada Pusat bantuan ARKAS dengan klik di sini 
  • Melampirkan alasan pembatalan konfirmasi dinas dan tangkapan layar (screenshot) kendala pada MARKAS secara penuh. 

Setelah Status dikembalikan menjadi “belum dikonfirmasi ”oleh dinas, satdik dapat melakukan hal dibawah ini: 

1. Buka ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan

2. Pada sumber dana BOSP Reguler TA 2023, klik Hapus BKU bulan Desember 2023 agar fitur perbarui data BKU bisa digunakan

3. Setelah hapus BKU disetujui oleh dinas, satdik kembali ke ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan

4. Klik Perbarui Data BKU 2023 pada sumber dana BOSP Reguler tahun 2023

5. Kllik Perbarui Data

6. Lakukan instruksi yang tampil jika memang nominal salur sudah sesuai

7. Satdik bisa melanjutkan kegiatan BKU 2023 dan jika sudah selesai satdik dapat kembali menutup BKUnya hingga Desember

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap: https://bit.ly/CatatSelisihRealisasiSiLPA 

ISU 4

Nominal SiLPA/Pajak Tidak Sesuai

Merupakan isu teknis dimana pencatatan SiLPA/Pajak di ARKAS 4 Satdik tercatat dobel atau kurang sehingga menyebabkan angka tidak sesuai dengan realisasi riil

Kondisi 1: Belum melakukan tutup BKU pada bulan Desember dan BKU belum dikonfirmasi oleh Dinas

1. Lakukan update versi ARKAS ke versi 4.1.6 atau yang terbaru 

2. Buka ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan

3. Klik Perbarui Data BKU 2023 pada sumber dana BOSP Reguler tahun 2023

4. Klik Perbarui Data

5. Ikuti instruksi yang tertera pada aplikasi setelah perbarui data selesai dilakukan

6. Satdik bisa melanjutkan kegiatan BKU 2023

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap: https://bit.ly/CatatSelisihRealisasiSiLPA

Kondisi 2: Sudah tutup BKU pada bulan Desember dan BKU belum dikonfirmasi Dinas

1. Lakukan update versi ARKAS ke versi 4.1.6 atau yang terbaru

2. Buka ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan

3. Pada sumber dana BOSP Reguler TA 2023, klik Hapus BKU bulan Desember 2023 agar fitur perbarui data BKU bisa digunakan

4. Setelah hapus BKU disetujui oleh dinas, satdik kembali ke ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan

5. Klik Perbarui Data BKU 2023 pada sumber dana BOSP Reguler tahun 2023

6. Klik Perbarui Data

7. Ikuti instruksi yang tertera pada kotak setelah perbarui data selesai dilakukan

8. Satdik bisa melanjutkan penyesuaian kegiatan BKU 2023 (jika ada) atau jika tidak ada perubahan bisa langsung kembali menutup BKU Desember 2023

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap: https://bit.ly/CatatSelisihRealisasiSiLPA 

Kondisi 3: Sudah tutup BKU pada bulan Desember dan BKU sudah dikonfirmasi Dinas

Penting!

Jika status BKU Anda telah dikonfirmasi oleh dinas pada MARKAS, maka Anda harus mengembalikan status “telah dikonfirmasi” menjadi“belum dikonfirmasi” oleh dinas secara sistem agar dapat melakukan pembaruan data.

Berkoordinasi dengan dinas terkait kendala yang dialami dan meminta dinas untuk :

  • Melakukan permohonan pembatalan yang wajib dilakukan oleh Dinas pada Pusat bantuan ARKAS dengan klik di sini 
  • Melampirkan alasan pembatalan konfirmasi dinas dan tangkapan layar (screenshot) kendala pada MARKAS secara penuh. 

Setelah Status dikembalikan menjadi “belum dikonfirmasi ”oleh dinas, satdik dapat melakukan hal dibawah ini: 

1. Lakukan update versi ARKAS ke versi 4.1.6 atau yang terbaru 

2. Buka ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan

3. Pada sumber dana BOSP Reguler TA 2023, klik Hapus BKU bulan Desember 2023 agar fitur perbarui data BKU bisa digunakan

4. Setelah hapus BKU disetujui oleh dinas, satdik kembali ke ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan

5. Klik Perbarui Data BKU 2023 pada sumber dana BOSP Reguler tahun 2023

6. Klik Perbarui Data

7. Ikuti instruksi yang tertera pada kotak setelah perbarui data selesai dilakukan

8. Satdik bisa melanjutkan penyesuaian kegiatan BKU 2023 (jika ada) atau jika tidak ada perubahan bisa langsung kembali menutup BKU Desember 2023

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap: https://bit.ly/CatatSelisihRealisasiSiLPA

ISU 5

Penerima Dana Cadangan Belum Aktivasi BKU

Merupakan isu teknis ketika satdik tidak dapat melakukan aktivasi BKU 2023 karena tercatat hanya menerima Tahap 2 (Dana Cadangan) dan tidak menerima Tahap 1

Satdik tidak dapat melakukan aktivasi BKU 2023 karena tercatat hanya menerima 2 Tahap (Dana Cadangan)

1. Pastikan Satdik telah melakukan pembaruan ARKAS 4 versi ARKAS 4.1.6 ke atas

2. Buka ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan

3. Klik Aktivasi BKU

4. Lakukan konfirmasi penerimaan dana tahap 1

5. Setelah aktivasi BKU berhasil dilakukan, Klik Tambah Penerimaan Dana agar dana salur tahap 2 bisa disimpan

6. Setelah berhasil konfirmasi penerimaan dana tahap 2, satdik dapat melanjutkan mengisi kegiatan BKU BOSP Reguler 2023

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap:https://bit.ly/CatatBKUDanaCadBOSPReg2023

ISU 6

Saldo Akhir Tercatat Minus
 
 

Merupakan isu teknis dimana saldo akhir di MARKAS tercatat minus dikarenakan realisasi pembelanjaan tercatat melebihi dana yang dimiliki.

Kondisi 1: Belum melakukan tutup BKU pada bulan Desember dan BKU belum dikonfirmasi oleh Dinas

1. Buka ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan

2. Klik Perbarui Data BKU 2023 pada sumber dana BOSP Reguler tahun 2023

3. Klik Perbarui Data

4. Ikuti instruksi yang tampil  pada aplikasi setelah perbarui data selesai dilakukan

5. Satdik bisa melanjutkan kegiatan BKU 2023

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap: https://bit.ly/CatatSelisihRealisasiSiLPA 

Kondisi 2: Sudah tutup BKU pada bulan Desember dan BKU belum dikonfirmasi Dinas

1. Buka ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan

2. Pada sumber dana BOSP Reguler TA 2023, klik Hapus BKU bulan Desember 2023 agar fitur perbarui data BKU bisa digunakan

3. Setelah hapus BKU disetujui oleh dinas, satdik kembali ke ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan

4. Klik Perbarui Data BKU 2023 pada sumber dana BOSP Reguler tahun 2023

5. Klik Perbarui Data

6. Ikuti instruksi yang tertera pada kotak setelah perbarui data selesai dilakukan

7. Satdik bisa melanjutkan penyesuaian kegiatan BKU 2023 (jika ada) atau jika tidak ada perubahan bisa langsung kembali menutup BKU Desember 2023

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap: https://bit.ly/CatatSelisihRealisasiSiLPA 

Kondisi 3: Sudah tutup BKU pada bulan Desember dan BKU sudah dikonfirmasi Dinas

Berkoordinasi dengan dinas terkait kendala yang dialami dan meminta dinas untuk :

  • Melakukan permohonan pembatalan yang wajib dilakukan oleh Dinas pada Pusat bantuan ARKAS dengan klik di sini 
  • Melampirkan alasan pembatalan konfirmasi dinas dan tangkapan layar (screenshot) kendala pada MARKAS secara penuh. 

Setelah Status dikembalikan menjadi “belum dikonfirmasi ”oleh dinas, satdik dapat melakukan hal dibawah ini: 

1. Lakukan update versi ARKAS ke versi 4.1.6 atau yang terbaru 

2. Buka ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan

3. Pada sumber dana BOSP Reguler TA 2023, klik Hapus BKU bulan Desember 2023 agar fitur perbarui data BKU bisa digunakan

4. Setelah hapus BKU disetujui oleh dinas, satdik kembali ke ARKAS 4 dan klik menu penatausahaan

5. Klik Perbarui Data BKU 2023 pada sumber dana BOSP Reguler tahun 2023

6. Klik Perbarui Data

7. Ikuti instruksi yang tertera pada kotak setelah perbarui data selesai dilakukan

8. Satdik bisa melanjutkan penyesuaian kegiatan BKU 2023 (jika ada) atau jika tidak ada perubahan bisa langsung kembali menutup BKU Desember 2023

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap: https://bit.ly/CatatSelisihRealisasiSiLPA  

 

Jika telah melakukan langkah-langkah diatas namun masih mengalami kendala silakan hubungi pusat bantuan ARKAS dengan klik di sini.

Sebelumnya
Selanjutnya
32414850430617

Komentar

1 comment

  • lopyhulu77

    Terimakasih🙏🙏🙏🙏

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk