Selama periode pengumpulan laporan keseluruhan Dana BOSP Tahun Anggaran 2023 terdapat beberapa kendala pada sistem ARKAS 4 yang dapat menimbulkan adanya inkonsistensi data pelaporan Buku Kas Umum (BKU) pada beberapa satuan pendidikan. 

Kendala ini dapat terjadi karena satdik melakukan backup dan restore database secara manual yang menyebabkan adanya perbedaan referensi data yang digunakan di ARKAS 4 dan MARKAS. 

Satuan Pendidikan tidak perlu khawatir jika mengalami indikasi kendala Inkonsistensi data pada pelaporan Buku Kas Umum dana BOSP Tahun Anggaran 2023. Hal ini karena satdik tidak akan terkena konsekuensi pengenaan denda pengurangan penyaluran pada tahun berikutnya jika satdik telah mengumpulkan laporan keseluruhan penggunaan Dana BOSP 2023 dalam tenggat waktu yang telah diatur pada ketentuan yang berlaku. Cut off/tenggat waktu  yang digunakan untuk menentukan adanya denda pengurangan adalah tanggal pertama kali laporan dikumpulkan.

Jika mengalami kendala ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Siapkan Database ARKAS 4 dengan data anggaran yang sesuai

2. Mengirimkan informasi Database ARKAS 4 dengan data anggaran yang sesuai ke Pusat Bantuan ARKAS https://bit.ly/HubungiBantuanARKAS

  • Memilih Kategori Masalah "Seputar Penatausahaan → BKU tidak muncul pada ARKAS/MARKAS"
  • Mengisi Perihal : "Database ARKAS 4 Inkonsistensi Data BKU Tidak Muncul pada ARKAS/MARKAS" agar tim ARKAS dapat melakukan pengecekan dan perbaikan untuk masalah yang sedang dihadapi (dokumen Panduan Akses Pusat Bantuan ARKAS: https://bit.ly/Panduan_PusatBantuanARKAS )

3. Setelah ada informasi bahwa pemulihan data telah selesai dilaksanakan, silakan ikuti panduan menghapus dan memperbarui database ARKAS 4 pada tautan berikut https://bit.ly/PerbaikanDatabaseARKAS.

 

Jika masih mengalami kendala setelah melakukan langkah-langkah di atas, silakan menghubungi pusat bantuan kami dengan klik tautan berikut http://ringkas.kemdikbud.go.id/PusatBantuanARKAS  dan pilih menu Hubungi Kami.

Sebelumnya
Selanjutnya
28956806656281

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk