Satuan pendidikan dapat melakukan sinkronisasi data local pada perangkat masing-masing dengan data server pusat sistem Manajemen Aplikasi Kegiatan dan Anggaran Satuan Pendidikan (MARKAS) dengan melakukan langka-langkah berikut: 

1. Hapus database ARKAS 4 yang tersimpan di perangkat satuan pendidikan dengan cara:

a. Klik ikon Kaca Pembesar/Pencarian pada halaman desktop Anda, kemudian ketik “%appdata%” hingga muncul folder %appdata%.
b. Klik File Folder %appdata%

1.png

c. Klik folder “ARKAS” setelah masuk ke folder AppData

2.png

d. Setelah masuk ke dalam folder “Arkas” cari file dengan nama “arkas” dengan tipe file “Data Base File” dan hapus file tersebut.

3.png

2. Buka ARKAS 4 dan lakukan Registrasi ARKAS 4 kembali.

3. Lakukan unduh database ARKAS melalui ARKAS 4 setelah melakukan registrasi terlebih dahulu. Untuk langkah unduh database ARKAS melalui ARKAS 4 silakan klik di sini. 

4. Jika unduh berhasil dilakukan, satdik dapat melanjutkan kembali kegiatan penatausahaan dan pelaporan di ARKAS 4.

5. Jika unduh data tidak berhasil dilakukan, satdik dapat berkoordinasi dengan dinas pendidikan setempat untuk mendapatkan database ARKAS 4 melalui MARKAS agar dapat melanjutkan kembali kegiatan penatausahaan dan pelaporan di ARKAS 4.

Perhatian!

Backup dan restore database secara manual menyebabkan referensi data yang digunakan di ARKAS 4 dan MARKAS berbeda. Oleh karena itu, TIDAK DISARANKAN menggunakan database yang Anda backup secara manual, dan TIDAK melakukan konversi data kembali.

 

 

Sebelumnya
Selanjutnya
26700885129241

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk