Registrasi Akun
Apabila satuan pendidikan Anda merupakan pengguna baru ARKAS, Anda akan diminta melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi merupakan tahapan pendaftaran akun satuan pendidikan sebelum menggunakan ARKAS. Anda akan menemukan tampilan Registrasi jika satuan pendidikan belum pernah menggunakan ARKAS sehingga tidak ada database dari ARKAS versi 3. Proses registrasi akun membutuhkan koneksi internet.
Berikut langkah-langkah melakukan registrasi ARKAS:
1. Buka Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) yang sudah diinstall, kemudian ARKAS akan memunculkan dua form NPSN dan Kode Aktivasi. Isi dengan NPSN satuan pendidikan dan Kode Aktivasi yang telah Anda dapatkan dari dinas pendidikan
2. Klik Daftar. Mohon menunggu dan pastikan terkoneksi dengan internet yang lancar, karena data sedang dikirim melalui sistem
3. Masukkan Email, Password (kata sandi) dan ketik ulang password yang sama pada kolom Konfirmasi Password. Klik ikon mata untuk melihat password Anda. Pastikan untuk membuat password minimal 8 karakter yang mudah diingat
4. Klik Masuk. Mohon menunggu dan pastikan terkoneksi dengan internet yang lancar untuk proses sinkronisasi data aplikasi
Catatan! Jika Anda pengguna ARKAS 3 namun muncul tampilan registrasi bukan login, pastikan menggunakan laptop yang sama seperti mengoperasikan ARKAS 3 dan tidak melanjutkan Registrasi dengan email yang baru karena data satuan pendidikan akan hilang seperti pengguna baru.
5. Berhasil! Anda telah berhasil Registrasi jika sudah menemukan laman utama ARKAS dengan deskripsi profile seperti pada gambar di atas. Tampilan ini juga merupakan laman utama menu Penganggaran.
6. Apabila Anda mengalami koneksi yang bermasalah ketika proses registrasi, maka akan muncul tampilan seperti ini. Periksa internet dan Klik Sinkronisasi Ulang
7. Apabila terdapat gangguan pada sistem saat melakukan proses registrasi, maka akan muncul tampilan seperti ini. Klik Sinkronisasi Ulang.
8. Apabila gagal sinkronisasi ulang lebih dari dua kali, Klik Saya Mengerti. Anda dapat memulai proses registrasi ulang beberapa saat kemudian
9. Apabila Anda memasukkan NPSN dan Kode Aktivasi pada perangkat baru (lebih dari satu perangkat), maka akan muncul tampilan berikut. Klik Saya Mengerti, silakan menghubungi dinas pendidikan untuk mereset data sekolah dan daftarkan ulang akun pada perangkat yang baru. ARKAS dengan akun satuan pendidikan pada perangkat sebelumnya tidak akan dapat dioperasikan kembali.
10. Jika muncul tampilan seperti ini, lakukan pengisian Kode Aktivasi dengan benar sesuai yang Anda terima
11. Masukkan email baru yang akan Anda daftarkan jika Anda mengajukan proses ganti akun pada tahapan Registrasi
Login ARKAS
Setelah memperbarui ke ARKAS 4 bagi pengguna lama ARKAS, sistem akan langsung menampilkan form Login karena di dalam database terdeteksi sudah ada akun yang pernah didaftarkan. Anda juga akan menemukan tampilan login setiap membuka aplikasi. Gunanya agar data-data yang ada pada aplikasi aman dan tidak dapat dibuka oleh selain pemilik akun atau yang bertanggung jawab terhadap keuangan satuan pendidikan. Perlu diketahui, hanya bendahara satuan pendidikan atau yang telah memiliki SK dari Kepala Satuan Pendidikan saja yang bertanggung jawab penuh terhadap pengoperasian ARKAS.
- Masukkan Email yang sudah didaftarkan pada proses registrasi
- Masukkan Password atau kata sandi. Klik tombol mata untuk melihat password Anda
- Lalu, Klik ‘Masuk’
- Klik Daftarkan Email baru apabila Anda ingin mengganti akun atau email yang sebelumnya telah Anda daftarkan
- Klik Reset Password untuk memperbarui password jika Anda lupa password akun yang sebelumnya telah Anda daftarkan
- Berhasil! Anda akan langsung masuk ke laman utama menu Penganggaran
Perlu diketahui! Satuan pendidikan tetap dapat melakukan proses login meskipun perangkat tidak terkoneksi internet.
Untuk lebih jelas, berikut video tutorial registrasi dan masuk akun pada ARKAS 4:
Komentar
4 comments
lupa kode aktivasi arkas tk sritanjung bangunsari - songgon - banyuwangi - jawa timur
Salam Bapak Sudirmanspd862
Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan. Pertanyaan Bapak telah kami kirimkan melalui tiket nomor 2216833.
Mohon periksa email yang Bapak daftarkan dalam kurun waktu 3x24 jam (hari kerja) untuk menerima jawaban atas pertanyaan Bapak.
Salam Hormat,
Tim ARKAS
di ARKAS 3 tidak ada koneksi internet bagaimana caranya untuk sinkron ya?
Salam Bapak Pandu Wilantara
Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan. Pertanyaan Bapak telah kami kirimkan melalui tiket nomor 2228336.
Mohon periksa email yang Bapak daftarkan dalam kurun waktu 3x24 jam (hari kerja) untuk menerima jawaban atas pertanyaan Bapak.
Salam Hormat,
Tim ARKAS
Please sign in to leave a comment.