Berdasarkan Permendikbudristek 63/2023 terdapat perubahan mekanisme penyaluran dana BOSP.  Mulai saat ini pelaporan dana BOSP Reguler mengalami penyesuaian tenggat waktu pelaporan seperti yang tercantum dalam tabel  di bawah ini:

Tahap Syarat Lapor Tenggat Waktu Sumber Dana
Tahap 1 Min. 50% Tahap 1 TA Berkenaan  31 Juli TA berkenaan
  • BOP PAUD Reg
  • BOP Kesetaraan Reg
  • BOS Reg
Tahap 2 100% atau keseluruhan TA berkenaan 31 Januari TA berikutnya
  • BOP PAUD Reg
  • BOP Kesetaraan Reg
  • BOS Reg
Tabel 1. Ketentuan Tenggat Pelaporan

 

Apakah Laporan Realisasi Penggunaan Dana Mempengaruhi Penyaluran Dana BOSP Tahap Berikutnya?

Ya, sesuai ketentuan dalam Permendikbudristek 63/2023 (Juknis BOSP terbaru), laporan realisasi penggunaan dana BOSP di tahap sebelumnya akan digunakan sebagai dasar penyaluran tahap berikutnya. 

Simak contoh skema laporan di bawah ini:

Tahap Dasar Penyaluran Jangka Waktu Penyaluran
Tahap 1 Laporan realisasi TA sebelumnya Januari- Juni
Tahap 2 100% TA sebelumnya dan min.50% Tahap 1 TA berkenaan Juli-Desember
Tabel 2. Laporan Realisasi dan Dasar Penyaluran per Tahapan

1. Laporan realisasi penggunaan Dana BOSP tahun sebelumnya digunakan sebagai dasar penyaluran tahap I TA berkenaan
2. Laporan realisasi keseluruhan TA sebelumnya dan laporan realisasi minimal 50% dari dana yang diterima pada tahap I TA berkenaan menjadi dasar penyaluran tahap II TA berkenaan.

Dana apa saja yang harus dilaporkan setelah 1 tahun masa anggaran?

Laporan realisasi keseluruhan Dana BOSP yang harus dilaporkan oleh satuan pendidikan setelah satu tahun masa anggaran meliputi: 

  • Laporan realisasi penggunaan dana dalam satu tahun (ini termasuk BOSP Reguler dan BOSP Kinerja*)
  • Laporan sisa dana
  • Laporan hasil penyelesaian pelaksanaan pengadaan barang/jasa satuan pendidikan

*BOSP kinerja tidak menjadi pengurang salur tahun berikutnya, namun pelaporan tetap wajib dilakukan pada akhir tahun berkenaan

Sebelumnya
Selanjutnya
16555640570009

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk