Mekanisme Penyaluran Dana BOSP Reguler

Saat ini terdapat perubahan mekanisme penyaluran Dana BOSP Reguler. Berdasarkan ketentuan Permendikbud 23/2023 maka penyaluran Dana BOSP reguler akan menjadi 2 tahap (2 kali salur) setiap tahunnya dengan ketentuan berikut:
1. Tahap I disalurkan paling banyak 50% dari pagu alokasi provinsi/kabupaten/kota dalam jangka waktu penyaluran pada bulan Januari- Juni tahun anggaran berjalan.
2. Tahap II disalurkan sebesar sisa dari pagu alokasi provinsi/kabupaten/kota, yang belum disalurkan, dalam jangka waktu Juli-Desember tahun anggaran berjalan.

Berikut ini merupakan skema penyaluran Dana BOSP Reguler TA 2024:

Tahap  Dasar Penyaluran Jangka Waktu Penyaluran
Tahap 1 Laporan realisasi TA sebelumnya Januari-Juni
Tahap 2  100% TA sebelumnya dan min. 50% Tahap 1 TA berkenaan Juli- Desember

1. Laporan realisasi penggunaan Dana BOSP tahun sebelumnya digunakan sebagai dasar penyaluran tahap I TA berkenaan
2. Laporan realisasi keseluruhan TA sebelumnya dan laporan realisasi minimal 50% dari dana yang diterima pada tahap I TA berkenaan menjadi dasar penyaluran tahap II TA berkenaan.

 

Skema Penyaluran BOSP Reguler 2024 dengan adanya SiLPA

Penyesuaian penyaluran Dana BOSP Reguler tahap 2 sebesar adalah berdasarkan kepemilikan SiLPA pada satuan pendidikan di tahun anggaran 2023. Berikut contoh skema penyaluran BOSP Reguler 2024 dengan adanya SiLPA dan tidak adanya SiLPA:


1. Apabila satuan pendidikan memiliki pagu Rp100 juta dan memiliki SiLPA 10jt, maka pada tahap 1 satuan pendidikan akan menerima penyaluran Dana BOSP sebesar 50juta dan tahap 2 akan mendapatkan Rp40juta. SiLPA Rp10 juta diperhitungkan sebagai pengurang salur tahap 2 di tahun berkenaan.

2. Apabila satuan pendidikan memiliki pagu Rp100 juta dan tidak memiliki SiLPA sama sekali, maka pada penyaluran tahap 1 satuan pendidikan akan menerima salur Rp50 juta dan tahap 2 akan menerima Rp50 juta.

Syarat Penyaluran Dana BOSP Reguler

Untuk dapat menerima penyaluran Dana BOSP Reguler pada tahun anggaran berkenaan, satuan pendidikan perlu untuk menyampaikan laporan realisasi penggunaan dana BOSP kepada Kementerian. Hal ini sesuai dengan Permendikbudristek 63/2022 Bagian Ketujuh tentang Laporan Realisasi Penggunaan Dana BOSP, Pasal 51 ayat 2 poin a dan b, dan dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Syarat_Penyaluran_Dana_BOSP_1.png

 

 

 

Sebelumnya
Selanjutnya
16034034735897

Komentar

11 comments

  • MAHMUD PRATOWO

    Terima Kasih atas informasi yang diberikan

    0
  • Eman Suherman

    Terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat sekali. 

    0
  • Sdkpagal206

    Sampai dengan saat ini sekolah kami masih belum bisa membuka kertas kerja pada aplikasi ARKAS.

    0
  • Sd 01 tabek patah

    Terimakasih informasinya, semoga dana BOSP segera cair dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan di sekolah.

    0
  • kuni (Admin)

    Selamat siang Bapak/Ibu MAHMUD PRATOWO Anak Desa Eman Suherman Sd 01 tabek patah

    Terima kasih atas tanggapan yang diberikan, semoga sehat dan sukses selalu untuk Bapak/Ibu. 
    Salam hangat, 
    Tim ARKAS 
    ---
    Selamat siang Bapak/Ibu Sdkpagal206

    Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan.
    Kendala belum bisa membuka kertas kerja pada aplikasi ARKAS yang Bapak/Ibu alami mungkin terjadi apabila terjadi gangguan pada koneksi internet Anda. Apabila Bapak/Ibu masih mengalami kendala yang sama, mohon hubungi tim petugas kami melalui form berikut ini https://bit.ly/ARKASHubungiKami

    Salam hangat, 
    Tim ARKAS. 

    0
  • Bagaimana denga saldo 2021 yang masih tersisa? karena data silpah yang terbaca pada MARKAS tersebut hanya silpah 2022, 

    0
  • kuni (Admin)

    Selamat siang Bapak/Ibu DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN NUNUKAN

    Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan.
    Saldo SiLPA yang dimiliki satuan pendidikan akan menjadi pengurang penyaluran Dana BOSP tahun anggaran berikutnya.  Apabila Bapak/Ibu memiliki pertanyaan lainnya dan ingin menghubungi tim petugas kami, silakan ajukan pertanyaan melalui form berikut ini https://bit.ly/ARKASHubungiKami

    Salam hangat, 
    Tim ARKAS. 

    0
  • edwin

    Apakah saya boleh bertanya?
    Sekolah kami baru mulai di tahun ajaran Juli 2023.

    Jika semua data kami sudah sinkron pada Agustus 2023, apakah kami bisa mendapatkan dana BOSP pada Januari 2024nya?

    Mohon kiranya bisa membantu kami

    Terima kasih

    0
  • Helen Cornelia

    Selamat sore pak edwin

    Mohon pastikan data sekolah masuk kedalam cut off 31 Agustus dan pastikan jumlah siswa lebih dari 0. Untuk sekolah swasta mohon dipastikan kembali izin SK sekolah sudah upload dilaman vervalsp.kemendikbud.go.id.
    Apabila sekolah sudah masuk data cutoff 31 Agustus maka akan masuk di data penyaluran dana BOSP tahun berikutnya, namun apabila tidak masuk maka tidak akan masuk daftar penyaluran dana BOSP tahun berikutnya. 

    Terima kasih dan semoga sehat selalu,

    salam hormat, 
    tim ARKAS

    -1
  • Nanang Suprapmanto

    Dana Sekolah SDN 006 Nyuatan tahap 1 dipangkas sebesar 7.088.000. Tetapi kenapa dana yang dipangkas bisa masuk saldo bank akhir 2022. sementara di rekening koran tidak ada dana uang tersebut.. Makin pusing

    0
  • Kurniawan Rasyadi

    Izin bertanya tentang pembayaran honorarium untuk narasumber workshop, apakah boleh dibayarkan melalui dana BOSP???

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk