Mengapa harus menggunakan ARKAS?

Satuan pendidikan harus menggunakan ARKAS agar:

1. Dapat mengelola keuangan satuan pendidikan secara lebih baik lagi, mulai dari proses perencanaan, penatausahaan dan pelaporan dana BOS

2. Berbagai pihak yang terlibat dalam pengelolaan keuangan satuan pendidikan mampu berkoordinasi dengan baik dalam sistem informasi ARKAS

3. Memiliki laporan yang sesuai dengan format yang telah diamanatkan dalam regulasi pemerintah

Apa saja syarat menggunakan ARKAS 4?

Syarat menggunakan ARKAS 4 adalah:

1. Menggunakan jenis prosesor berbasis Windows minimal Windows 10, dengan kapasitas memori (RAM) minimal 2GB, kapasitas Hard Drive minimal 1 GB dan resolusi layar minimal 1366 x 768

2. Membutuhkan koneksi internet dalam beberapa tahap penggunaan ARKAS dan pengaturan zona waktu pada perangkat yang digunakan sesuai dengan jam lokal

3. Satuan pendidikan yang tergabung dalam Tim BOS (kepala satuan pendidikan, bendahara sekolah dan komite sekolah)

4. Memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang terdaftar dalam Dapodik

5. Mendapatkan kode aktivasi ARKAS dari dinas pendidikan setempat

Apa saja sumber dana yang bisa dikelola menggunakan ARKAS 4?

Saat ini ARKAS 4 dapat mengelola sumber dana yang berasal dari BOS Reguler, BOS Kinerja, SiLPA BOS Kinerja, BOS Daerah dan Sumber Dana Lainnya.

Siapa saja yang bisa menggunakan ARKAS 4?

Mulai 7 Agustus 2023, ARKAS 4 dapat digunakan oleh seluruh satuan pendidikan dasar dan menengah, baik negeri maupun swasta di seluruh wilayah Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Sekolah yang menerima dana BOS Reguler meskipun di daerah terpencil tetap dapat menggunakan ARKAS, namun tidak untuk Sekolah Indonesia yang berada di luar negeri. 

Pada website tersedia 2 versi aplikasi, yaitu ARKAS 3 dan ARKAS 4. Mana yang sebaiknya diunduh oleh satuan pendidikan?

Satuan pendidikan direkomendasikan untuk mengunduh ARKAS versi terbaru, yakni ARKAS 4 karena versi aplikasi ini telah dilengkapi dengan beberapa pembaruan dan penyempurnaan.

Bagaimana cara melihat arsitektur sistem operasi perangkat komputer (32/64 bit) yang saya gunakan?

Anda dapat melihat sistem operasi perangkat komputer yang digunakan dengan cara:

1. Klik logo Windows (yang ada pada perangkat Anda atau tekan tombol Windows pada keyboard) 

2. Pilih Pengaturan (Settings

3. Pilih Sistem (System)

4. Pilih Tentang (About)

5. Lihat tipe sistem perangkat Anda apakah 32-bit atau 64-bit pada bagian Device Specifications dan cek System type

6. Lihat versi Windows yang terinstall pada perangkat Anda pada bagian Windows Specification

Dimana bisa mendapatkan installer ARKAS 4?

Satuan pendidikan dapat mengunduh installer ARKAS 4 dengan mengakses website utama ARKAS dan klik Menu Unduhan atau secara langsung mengunjungi tautan https://s.id/unduhARKAS4 

Apa saja pembaruan pada ARKAS 4?

Berikut beberapa pembaruan dalam ARKAS 4:

1. Sistem penganggaran dan penatausahaan sesuai dengan Juknis BOS Reguler 2023.

2. Pengambilan sisa dana anggaran otomatis yang bisa digunakan secara fleksibel.

3. Perhitungan pajak otomatis yang menyesuaikan dengan jenis pembelanjaan secara detail.

4. Fitur lapor pajak sesuai ketentuan yang berlaku.

5. Penyesuaian alur dan desain untuk proses pencatatan yang lebih efektif dan akurat.

6. Integrasi ARKAS dengan SIPLah untuk pengisian pembelanjaan secara otomatis.

Saya pengguna ARKAS versi 3, bagaimana cara memperbarui ARKAS ke versi 4?

Sebelum memperbarui ARKAS ke versi 4, pastikan untuk: 

1. Melakukan sinkron data pada ARKAS 3 terlebih dulu dengan klik Tombol Sinkron

2. Tutup ARKAS 3 

Selanjutnya, silakan perbarui ARKAS ke versi 4 dengan cara: 

1. Unduh installer ARKAS 4 sesuai dengan arsitektur sistem operasi windows 32 atau 64 bit pada tautan https://s.id/unduhARKAS4    

2. Klik dua kali pada installer ARKAS 4 yang telah berhasil diunduh

2. Klik 'Yes'

4. Klik 'I accept the agreement' lalu klik 'Next'

5. Klik 'Next' 

6. Klik 'Finish'

Setelah proses intalasi ARKAS 4 berhasil, muncul informasi bahwa akan dilakukan konversi ke ARKAS 4 jika Anda sudah memiliki ARKAS versi 3 pada laptop yang digunakan, klik Next

Saya pengguna ARKAS 4 peserta Rilis Terbatas, bagaimana cara memperbarui ARKAS 4 ke versi terbaru?

Bagi Anda peserta Rilis Terbatas dan telah menggunakan ARKAS 4 sejak Bulan Juni 2023 silam, mohon uninstall ARKAS 4 yang ada di perangkat Anda, dan unduh kembali installer ARKAS 4 yang sesuai dengan arsitektur sistem operasi windows pada perangkat Anda melalui tautan https://s.id/unduhARKAS4  . Hal ini berguna untuk memutakhirkan sistem keamanan ARKAS 4 yang akan Anda gunakan sesuai arsitektur sistem operasi windows perangkat.

Bagaimana cara melihat versi ARKAS yang sedang digunakan?

Untuk melihat detail informasi versi ARKAS yang sedang digunakan, awali dengan membuka ARKAS pada perangkat Anda. Selanjutnya, Anda dapat melakukan 2 langkah ini:

1. Lihat pada bagian pojok kiri atas aplikasi, maka Anda akan melihat versi aplikasi dengan tulisan sebagai berikut ARKAS 4.0.4

2. Lihat versi aplikasi dengan klik tombol Perbarui Aplikasi, maka Anda akan melihat versi ARKAS yang sedang digunakan dan versi terbaru ARKAS yang tersedia

Apakah seluruh data saya di ARKAS 3 akan hilang setelah saya memperbarui aplikasi ke versi 4?

Data Anda tidak akan hilang dan akan muncul pada ARKAS 4. Pastikan untuk melakukan proses sinkronisasi pada ARKAS 3 terlebih dulu agar seluruh data Anda pada ARKAS 3 tersimpan ke MARKAS dan tutup ARKAS 3 saat mulai proses Konversi Data ke ARKAS 4. Pastikan juga untuk tetap menggunakan perangkat yang sama dan telah terinstal ARKAS 3 sebelumnya, karena jika Anda memakai laptop yang berbeda, pada saat proses login Anda akan mendapatkan pesan error "NPSN sudah terpakai di Perangkat lain".

Saya menggunakan NPSN sekolah yang sesuai, tapi masih mendapat tulisan NPSN dipakai di perangkat lain pada ARKAS 4. Bagaimana solusinya?

Silakan menghubungi dinas pendidikan untuk mereset data sekolah dan daftarkan ulang akun pada perangkat yang baru. ARKAS dengan akun satuan pendidikan pada perangkat sebelumnya tidak akan dapat dioperasikan kembali setelah reset data dilakukan.

Saya perlu dokumen pelaporan dalam bentuk Ms. Excel tapi mengapa format yang tersedia hanya dalam bentuk PDF?

Saat ini semua jenis cetak laporan hanya ada dalam format PDF. Jika format laporan yang diinginkan belum sesuai dengan ketentuan terbaru atau tidak tersedia, laporan dapat dibuat secara manual menggunakan Microsoft Excel atau Word.

Saya sudah memasukkan Kode Aktivasi yang diberikan oleh Dinas, namun tertera bahwa Kode Aktivasi yang dimasukkan salah. Bagaimana solusinya?

Apabila Kode Aktivasi yang Anda terima dari dinas pendidikan terdeteksi salah sehingga membuat Anda belum dapat mengakses ARKAS, Anda dapat berkoordinasi kembali dengan Dinas untuk mengajukan pergantian Kode Aktivasi pada MARKAS. Selanjutnya, silakan masukan Kode Aktivasi terbaru yang diberikan oleh dinas.

Mengapa dokumen RKAS/BKU tidak ditemukan setelah berpindah ke ARKAS 4?

Hal ini terjadi karena aplikasi ARKAS 3 pada perangkat yang sama masih terbuka ketika mulai mengoperasikan ARKAS 4 ditengah proses konversi yang sedang berlangsung. Mohon lakukan langkah berikut:

1. Klik tombol Sinkron pada ARKAS 3 untuk memastikan data Anda tersimpan di dalam MARKAS

2. Tutup ARKAS 3 yang sedang Anda operasikan

3. Unduh installer ARKAS 4 

4. Lanjutkan proses instalasi ARKAS 4 pada perangkat Anda

5. Setelah ARKAS 4 terbuka masukkan Kode Aktivasi 

6. Klik "Mulai Konversi"

Saya tidak dapat melihat tulisan pada ARKAS 4 dengan baik karena font terlalu kecil, bagaimana solusinya?

Jika font pada ARKAS 4 terlalu kecil, Anda dapat melakukan penyesuaian pada tampilannya dengan cara:

1. Tekan tombol Ctrl , Shift dan (+) yang ada pada keyboard secara bersamaan, untuk memperbesar tampilan ARKAS 4 

2. Tekan tombol Ctrl dan (-) yang ada pada keyboard secara bersamaan, untuk memperkecil tampilan ARKAS 4

3. Tekan tombol Ctrl dan angka 0 yang ada pada keyboard secara bersamaan, untuk mengembalikan tampilan ARKAS 4 ke ukuran normal

Saya tidak bisa tutup BKU karena pada saat memasukkan pajak bunga/biaya administrasi tertulis keterangan pajak bunga/biaya administrasi tidak boleh melebihi bunga bank/jasa giro, bagaimana solusinya?

Hal tersebut dapat terjadi karena Pajak Bunga/Biaya Administrasi tidak boleh melebihi nominal Bunga Bank/Jasa Giro. Untuk dapat melanjutkan proses pengisian BKU, silakan masukkan nominal pada Bunga Bank/Jasa Giro lebih tinggi dari nominal Pajak Bunga/Biaya Administrasi atau nominal keduanya sama. Mohon pastikan nominal yang dimasukkan sudah sesuai.

Berapa email yang dapat didaftarkan dalam 1 NPSN yang sama?

Saat ini tidak ada batasan jumlah email yang terdaftar dalam 1 NPSN yang sama. Namun, perlu diingat bahwa hanya satu email yang dapat login dalam satu waktu.

 

Sebelumnya
Selanjutnya
10003134775577

Komentar

54 comments

  • MAHMUD PRATOWO

    Terima Kasih buat Tim ARKAS - RI untuk informasi selama ini.

    Salam Satu Data Indonesia

    0
  • Helen Cornelia

    Selamat Siang Bapak MAHMUD PRATOWO,

    terima kasih atas dukungan dan antusiasme yang disampaikan kepada kami. 

    salam hangat dan sehat selalu untuk bapak.

    terima kasih,
    Tim ARKAS

     

    2
  • Muhammadlatif961

    Salam .
    Permisi admin, izin tanya..
    Kalo satdik kita belum terpilih menggunakan ARKAS 4.0 bagaimana cara mengajukannya ya ? Dan Kira² untuk ARKAS 4.0 kapan dirilis secara nasional ?

    0
  • Helen Cornelia

    Salam Bapak Muhammadlatif961

    Terima kasih atas pertanyaan dan antusiasme yang diberikan kepada ARKAS 4,
    Hingga Bulan Juli 2023, ARKAS 4 masih dalam tahap Rilis Terbatas kepada 10.000 satuan pendidikan saja.

    Nantinya, dinas dan kementerian akan menginformasikan satuan pendidikan di seluruh Indonesia untuk dapat menggunakan ARKAS 4 dimasa Rilis Nasional pada akhir tahun 2023.

    Salam Hormat, 

    Tim ARKAS

    0
  • The S.I.G.I.T

    Selamat malam Salam ARKAS Nusantara
    Untuk penggunaan serempak ARKAS4 kepada seluruh Satdik, apakah dalam hal ini Dinas Pendidikan di masing-masing daerah terlebih dahulu akan melaksanakan Bimtek kepada Pengelola BOSP Sekolah, atau masing-masing Satdik bisa langsung menginstall terhitung dari tgl 7-8-2023? . 

    Pertanyaan ke-2, misalnya Satdik tetap menggunakan ARKAS versi lama setidaknya sampai Tahun Anggaran 2023 berakhir (Menggunakan ARKAS4 -nya di TA 2024), apakah ada konsekuensi yg diterima, misalnya tidak akan terbacanya laporan penggunaan BOSP 2023 nanti pada akhirnya?


    Terima Kasih

    0
  • Waras Adi Putra

    Selamat Sore TIM ARKAS

    Izin bertanya dan mohon solusi, kami ingin menginputkan SPJ Siplah pada bulan JULI (tanggal Lunas Bayar) namun APLIKASI ARKAS 4.0 diwajibkan mengisi tanggal proforma invoice. Kendalanya tanggal pada Aplikasi ARKAS 4.0 tidak bisa diarahkan ke bulan JUNI sedangkan tanggal proforma invoice kami berada pada bulan JUNI. Terimakasih. Mohon Solusinya..

    1
  • kuni (Admin)

    Halo Bapak Waras Adi Putra terima kasih atas pertanyaan yang diberikan.
    Pertanyaan Bapak telah kami kirimkan melalui tiket nomor 1127160.

    Mohon periksa email yang Bapak daftarkan dalam kurun waktu 3x24 jam (hari kerja) untuk menerima jawaban atas pertanyaan Bapak. 

    Salam Hormat,
    Tim ARKAS

    0
  • Helen Cornelia

    Selamat sore Bapak The S.I.G.I.T sebelumnya terima kasih untuk pertanyaan yang sudah diberikan.

    Untuk pertanyaan pertama, terkait penggunaan dan instalasi, ARKAS 4 sudah dapat di install dan digunakan langsung terhitung sejak tanggal 7 Agustus 2023.

    Untuk pertanyaan kedua dari bapak telah kami kirimkan melalui tiket nomor #1126787

    Mohon periksa email yang Bapak daftarkan dalam kurun waktu 3x24 jam (hari kerja) untuk menerima jawaban atas pertanyaan Bapak.

    Salam Hormat,
    Tim ARKAS

    1
  • BUSTANIL ARIFIN

    Pertanyaan yang sama dengan OP yang lain :

    1. Apakah ARKAS Versi 4.0 ini sdh bisa digunakan untuk Tahap II ini.

    2. Apakah ARKAS Versi 4.0 ini bisa cetak gabungan ex. BKU Bos reguler dengan lainnya secara bersamaan. 

    Tks

    0
  • Riska

    Selamat malam Tim ARKAS
    izin bertanya, kemarin sy sudah instl arkas 4 dn sudah bisa msuk,,tp stelah bbrpa hri sy buka lgi ada keterangan *fitur sedang dikembangkan* sehingga tidak bisa mengerjakan arkas 4,,mohon solusinya 

    0
  • Smamuhiku

    Kode aktivasi untuk instal ARKAS 4 SMA MUHAMMADIYAH KUDUS KAB. KUDUS PROV. JAWA TENGAH NPSN 20317488.

    Terima Kasih.

    0
  • Maryunidevi41

    Selamat siang Bapak/ibu, saya Devi ijin bertanya. Saat melakukan pergeseran pada arkas 4, jumlah pagu tidak sama dengan yang dianggarkan. Pada gambar berikut jumlah pagu adalah 940.500.000 dan sudah sesuai dengan penerimaan. Namun, sebelahnya muncul yang belum dianggarkan sebanyak 113.250.706. Bagaimana solusinya bu/pak? Terima kasih

    0
  • kuni (Admin)

    Halo Ibu Maryunidevi41 terima kasih atas pertanyaan yang diberikan.
    Pertanyaan Bapak telah kami kirimkan melalui tiket nomor 1152396.

    Mohon periksa email yang Bapak daftarkan dalam kurun waktu 3x24 jam (hari kerja) untuk menerima jawaban atas pertanyaan Ibu

    Salam Hormat,
    Tim ARKAS

    0
  • kuni (Admin)

    Halo Bapak Smamuhiku terima kasih atas pertanyaan yang diberikan.
    Pertanyaan Bapak telah kami kirimkan melalui tiket nomor 1152396

    Mohon periksa email yang Bapak daftarkan dalam kurun waktu 3x24 jam (hari kerja) untuk menerima jawaban atas pertanyaan Bapak. 

    Salam Hormat,
    Tim ARKAS

    0
  • Jumatul Aziza

    Selamat siang tim arkas. Saya tidak bisa menerima dana tahap 2 dan pemberitahuannya realisasi tahap 1 belum 50% padahal tahap 1 sudah selesai. Saat saya cek di arkas 4 ternyata Bku nya ada minus dana dan berbeda di arkas 3.
    1. Apa penyebabnya bisa seperti itu
    2. Apa solusinya?
    Terima kasih

    0
  • Muhammad Januardo Machdi

    Selamat siang tim ARKAS, saya disini ada permasalahan ketika Ajukan Pengesahan perubahan ada keterangan "satuan" tidak boleh kosong, sedangkan saya mau rubah tidak bisa karena sudah tidak ada realisasi dalam belanja tersebut. bagaimana untuk solusi agar bisa Ajukan Pengesahan ? lengkap dengan gambar yang sudah saya lampirkan

    0
  • Eko Haryono

    Selamat malam Tim ARKAS, mohon informasinya kenapa pada ARKAS 4.0 ketika kita input honor untuk guru yang memiliki NUPTK meskipun guru tersebut memiliki NUPTK yang terbaca pada list daftar guru, tetapi pada tampilan ARKAS tidak muncul NUPTK, hal tersebut juga terjadi pada tampilan cetak?

    Mohon maap ini sebenarnya simpel, tetapi karena hal tersebut menjadi halangan bagi kami ketika melakukan pengesahan ke tim MARKAS yang otomatis menolak pengesahan karena NUPTK guru tidak terbaca pada tampilan cetak ARKAS.

    Terima Kasih atas konfirmasinya.

    0
  • MAHMUD PRATOWO

    Izin saran, sebaiknya sebelum melakukan pengesahan konfirmasi terlebih dahulu daftar nama-nama guru yang telah memiliki NUPTK dari sekolah, agar nantinya bisa diverifikasi.
    Atau bahkan bisa diinputkan tersendiri khusus untuk kegiatan 7.12 dan Kode akun Belanja 

    5.1.02.02.01.0013 Belanja Jasa Tenaga Pendidikan / Honorarium Guru pada MARKAS DINAS.
       
    0
  • SMKN 1 Karimunjawa Jepara

    ijin bertanya, setelah beralih dari ARKAS 3.4 ke ARKAS 4.05 kenapa jumlah saldo yang ada di web BOS Salur berbeda dengan ARKAS 4.05 padahal sudah ada penambahan transaksi. Sedangkan jumlah saldo di web BOS Salur masih sama dengan ARKAS 3.4 sebelum Update 4.05. Mohon solusinya

    0
  • kuni (Admin)

    Halo Ibu Jumatul Aziza  terima kasih atas pertanyaan yang diberikan.
    Pertanyaan Bapak telah kami kirimkan melalui tiket nomor 1203803.

    Mohon periksa email yang Ibu daftarkan dalam kurun waktu 3x24 jam (hari kerja) untuk menerima jawaban atas pertanyaan Ibu

    Salam Hormat,
    Tim ARKAS

    1
  • kuni (Admin)

    Halo Bapak Muhammad Januardo Machdi  terima kasih atas pertanyaan yang diberikan.
    Pertanyaan Bapak telah kami kirimkan melalui tiket nomor 1203804

    Mohon periksa email yang Bapak daftarkan dalam kurun waktu 3x24 jam (hari kerja) untuk menerima jawaban atas pertanyaan Bapak

    Salam Hormat,
    Tim ARKAS

    0
  • kuni (Admin)

    Halo Bapak Eko Haryono terima kasih atas pertanyaan yang diberikan.
    Pertanyaan Bapak telah kami kirimkan melalui tiket nomor 1203806

    Mohon periksa email yang Bapak daftarkan dalam kurun waktu 3x24 jam (hari kerja) untuk menerima jawaban atas pertanyaan Bapak

    Salam Hormat,
    Tim ARKAS

    0
  • Samsul Arifin

     

    Assalamu'alaikum Bapak/Ibu bendahara BOS. Saya mau tanya, kenapa tampilan arkas 4.06 terus begini ya? dan tidak diarahkan ke kode aktivasi . Mohonsolusi dan bantuannya. Terima kasih

    0
  • Muchamad Abu Bakar Ryan Perkasa

    Selamat Pagi.

    Izin bertanya, kami sudah menutup BKU bulan Agustus dan mau mengajukan penganggaran perubahan.
    Permasalahan : Ada belanja rutin bulanan di bulan Juli dan Agustus yang sudah dibelanjakan, sudah masuk BKU, tetapi di penganggaran tertulis belum dibelanjakan.  

    0
  • kuni (Admin)

    Halo Bapak Samsul Arifin terima kasih atas pertanyaan yang diberikan.
    Pertanyaan Bapak telah kami kirimkan melalui tiket nomor 1214897

    Mohon periksa email yang Bapak daftarkan dalam kurun waktu 3x24 jam (hari kerja) untuk menerima jawaban atas pertanyaan Bapak

    Salam Hormat,
    Tim ARKAS

    0
  • kuni (Admin)

    Halo Bapak Muchamad Abu Bakar Ryan Perkasa terima kasih atas pertanyaan yang diberikan.
    Pertanyaan Bapak telah kami kirimkan melalui tiket nomor 1214902

    Mohon periksa email yang Bapak daftarkan dalam kurun waktu 3x24 jam (hari kerja) untuk menerima jawaban atas pertanyaan Bapak

    Salam Hormat,
    Tim ARKAS

    1
  • Wiyoga Rakhmat Pamungkas

    Selamat Malam,

    Izin Bertanya, saya sudah update ke Arkas 4.06 tetapi sampai saat ini penerimaan dana Tahap I tanggalnya salah, Sehingga pada Bulan Januari sampai Juni di BKU terdapat dana minus, mohon solusinya dengan sangat?

    0
  • Gede Suardiana

    Mohon solusi saya pengguna arkas 406 dalam input BKU untuk belanja melalui siplah, nota pesanan tertanggal 26 Juli 2023 sedangkan pembayaran tanggal 10 Agustus 2023. Ketika input BKU di bulan Agustus data transaksi tidak ditemukan. Bagaimana solusinya? Sedangkan BKU Juli sudah saya tutup karena saya sesuaikan dengan rekening koran giro (transaksi pada bank)

    Mohon solusinya nggih,,,!!

    0
  • Partono

    Setelah perubahan, kertas kerja Sept, Okt, Nov, sesuai. Namun di Desember, kertas kerja ada minusnya.(sisa belanja) padahal sudah diambil sisa belanja pada saat perubahan kertas kerja dengan menganggarkan kembali kegiatan lain dan "Belum dianggarkan "= 0.  Apakah minus tersebut tidak bermasalah nanti di akhir Tutup BKU Desember atau akhir Tahun.  Mohon penjelasannya, terima kasih.

    0
  • fudholifadli2

    Data Siplah tidak sinkron dengan Arkas.Di Siplah sudah rinci belanjanya tapi di Arkas Global jadi ga bisa diinput di BKU. Bagaimanakah solusinya?

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk